Jepang amankan tempat ke perempat final Piala Asia 2023 usai kalahkan Bahrain 3-1

id Timnas Jepang, Piala Asia 2023, Timnas Bahrain,Babak 16 besar, sepak bola Internasional

Jepang amankan tempat ke perempat final Piala Asia 2023 usai kalahkan Bahrain 3-1

Arsip - Pesepakbola Timnas Indonesia Rafael William Struick (tengah) menggiring bola dibayangi pemain Jepang Takehiro Tomiyasu (kanan) saat bertanding pada babak penyisihan grup D Piala Asia 2023 di Stadion Al Thumama, Doha, Qatar, Rabu (24/1/2024). ANTARA FOTO/Yusran Uccang/nz (antara foto/yusran uccang)

Jakarta (ANTARA) - Timnas Jepang mengamankan tempat di perempatan final Piala Asia 2023 usai menuntaskan perlawanan Bahrain 3-1 pada babak 16 besar di Al Thumama Stadium pada Rabu malam WIB.

Gol Bahrain dihasilkan dari bunuh diri Zion Suzuki. Sementara gol-gol Jepang dicetak oleh Ritsu Doan, Takefusa Kubo, dan Ayase Ueda.
 
Hasil ini membuat Jepang melaju ke delapan besar dan akan berhadapan dengan pemenang dari Iran atau Suriah.
 
Di awal-awal babak pertama, kedua tim masih berusaha berusaha menemukan tempo permainan mereka.
 
Jepang perlahan-lahan mulai bisa mengontrol jalannya laga, bahkan bisa mencetak gol pada menit ke-31 lewat upaya Ritsu Doan.

Maikuma awalnya melepas tembakan dari luar kotak penalti. Bola membentur tiang gawang, tapi pantulannya langsung disambar Doan. Kedudukan menjadi 1-0.
 
Skor tersebut bertahan sampai babak pertama berakhir.

 
 

Jepang membuka babak kedua dengan menambah keunggulan pada menit ke-49 berkat aksi Takefusa Kubo dari situasi set piece.
 
Sempat ada pemeriksaan VAR karena Kubo diduga terjebak offside. Namun, wasit tetap memberikan gol ke Jepang. Bahrain tertinggal 0-2.
 
Bahrain baru bisa membalas pada menit ke-63 melalui gol bunuh diri Zion Suzuki.
 
Saat itu Bahrain mendapat sepak pojok. Bola disundul oleh Baqer dan mengarah ke gawang.
 
Zion Suzuki mencoba meninju bola itu ke udara dan kemudian mencoba menangkapnya, sayangnya ia gagal melakukannya karena bertabrakan dengan Ayase Ueda dan bola akhirnya masuk ke gawang sendiri. Kedudukan menjadi 2-1.

Pada menit ke-72, Jepang kembali mengembalikan keunggulan dua gol mereka. Kali ini dari aksi Ayase Ueda yang meloloskan diri dari kawalan bek-bek Bahrain dan melepas tembakan yang membuat bola melewati sela kedua kaki kiper lawan. Jepang 3-1 Bahrain.

Jepang berhasil mempertahankan keunggulan mereka hingga pertandingan berakhir. Mereka sukses melaju ke babak selanjutnya.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jepang amankan tempat ke perempat final usai kalahkan Bahrain 3-1