Anak TKI ikuti perkemahan Pramuka di Sabah

id Pramuka

Anak TKI ikuti perkemahan Pramuka di Sabah

Pramuka dan Vanaprastha kibarkan merah putih di Gunung Kinabalu Sabah Malaysia (Foto ANTARA/Dok) (1)

Nunukan, (Antara) - Sejumlah anak tenaga kerja Indonesia (TKI) yang tergabung dalam gugus depan (gudep) garuda 001/002 mengikuti perkemahan pramuka di Sandakan Negeri Sabah, Malaysia.

Perkemahan Pra Jambore Pengakap Malaysia yang diselenggarakan 25-29 Nopember 2017 di Scout's Nature Park Sandakan ini, diikuti 625 peserta pramuka dari Malaysia dan Indonesia.

Konsul Jenderal RI KOta Kinabalu Negeri Sabah, Akhmad DH Irfan melalui pesan tertulisnya, Kamis menyatakan, peserta dari pramuka Indonesia dari anak-anak TKI sebanyak 98 orang dari lima sekolah Indonesia dan community learning center (CLC) di wilayah Sandakan.

Kelima CLC yang menjadi peserta perkemahan tersebut yakni CLC Luang Manis, CLC Monsok Palm Oil, CLC Nusantara, CLC Kampung Melayu dan CLC Ribubonus.

"Perkemahan Pra Jambore Pengakap Malaysia mirip perkemahan antar-bangsa karena dihadiri peserta dari kedua negara dengan jumlah peserta sebanyak 625 orang," ujar dia.

Perkemahan yang dibuka secara resmi oleh YB Lieutenant Commander Navy (K) Datuk Charles O Pang Su Pin dalam sambutannya mengapresiasi keikutsertaan pramuka dari anak-anak Indonesia di negara itu dalam menyemarakkan perkemahan yang bertema "Pengakap Pembentuk Generasi Cemerlang" ini.

Charles selaku anggota parlemen/Ahli Dewan Undangan Negeri Daerah Pemilihan Karamunting Sandakan berterima kasih kepada KJRI KOta Kinabalu atas partisipasinya sebagai ajang persiapan Jambore Pengakap Tingkat Negeri Sabah pada 2018.

Pada Jambore Pengakap Tingkat Negeri Sabah ini nantinya akan kembali mengundang Indonesia menjadi peserta.