Lombok jadi pusat operasi baru AirAsia

id AirAsia,Hub,Lombok,Pariwisata NTB

Direktur Utama AirAsia Indonesia Dendy Kurniawan (tengah kiri), Gubernur Provinsi Nusa Tenggara Barat Dr. H. Zulkifliemansyah SE. Msc. (tengah kanan), Direktur Hubungan Internasional dan Pengembangan Usaha Angkasa Pura I Sardjono Jhonny Tjitrokusumo (keenam dari kanan), Staf Khusus Bidang Infrastruktur Pariwisata Kementerian Pariwisata Judi Rifajantoro (ketujuh dari kiri) beserta jajaran CEO Grup AirAsia berpose di depan pesawat Airbus A320 dengan livery 'I Love Lombok' dalam peresmian hub AirAsia di Lombok, Kamis (2/5). (Foto ANTARA/Nur Imansyah).

Lombok Tengah, NTB (ANTARA) - Maskapai AirAsia meresmikan pusat operasi (hub) terbarunya di Lombok, Nusa Tenggara Barat, mengingat daerah itu menjadi salah satu tujuan utama kunjungan wisata.

Direktur Utama AirAsia Indonesia, Dendy Kurniawan di Lombok, Kamis mengatakan, bahwa Lombok memiliki potensi pariwisata yang sangat besar, bahkan Lombok juga sudah masuk ke dalam program '10 Bali Baru' yang dicanangkan pemerintah.

"Hari ini kami meresmikan Lombok sebagai hub kelima di Indonesia, setelah sebelumnya kami sudah mengoperasikan hub di Jakarta, Surabaya, Bali dan Medan. Bagi AirAsia pemilihan suatu kota sebagai hub membutuhkan proses yang hati-hati, karena hal ini berarti memberikan komitmen penuh untuk mengoperasikan banyak penerbangan baik itu rute internasional dan domestik," kata Dendy.

Dendy berharap dengan diresmikannya hub Lombok ini maka AirAsia bisa turut berkontribusi terhadap pertumbuhan pariwisata dan perekonomian di Lombok, melalui konektivitas penerbangan maupun pembukaan lapangan kerja baru bagi masyarakat setempat.

"Kami sangat senang akhirnya dapat meresmikan hub terbaru AirAsia di Lombok, destinasi dengan beragam pesona wisata yang memiliki tempat spesial di hati masyarakat luas. Peresmian hari ini tidak hanya menandai berkembangnya konektivitas internasional dan domestik dari pulau ini, namun juga turut menciptakan peluang kerja bagi masyarakat setempat, mendorong pertumbuhan pariwisata dan ekonomi pengunjung," ucapnya.

Gubernur NTB Zulkieflimansyah mengucapkan terimakasih kepada AirAsia yang sudah memilih Lombok sebagai hub, termasuk kepada para pihak yang terlibat dalam kerjasama tersebut.

"Kami merasa bahagia dengan kerjasama ini, NTB akan menjadi hebat di masa yang akan datang dengan destinasi pariwisatanya, dan saya berterimakasih juga kepada para pelaku usaha yang luar biasa aktifnya untuk membangkitkan pariwisata di NTB ini," kata Doktor Zul.

Ia mengajak semua pihak untuk menjadikan sebagai daerah wisata yang maju di tingkat Internasional, salah satunya dengan membuka kerjasama seperti apa yang dilaksanakan ini. Bahkan, Doktor Zul, menyampaikan bahwa pemerintah daerah akan memberikan fasilitas yang dibutuhkan untuk memajukan pariwisata di NTB.

"Kita berusaha bagaimana Lombok menjelma menjadi tempat yang nyaman bukan hanya untuk warga lokal, tapi juga nyaman untuk semua kunjungan, saya mengucapkan selamat datang kembali di lombok, mudah-mudahan ini langkah awal menjadikan lombok sebagai hub untuk Lombok terbang kembali menembus langit hingga menembus batas," harap Gubernur NTB.

Dalam peresmian tersebut, AirAsia sekaligus meluncurkan livery pesawat dengan desain yang didedikasikan guna mendukung promosi pariwisata Lombok. Desain livery istimewa ini menampilkan ikon-ikon pariwisata lokal, seperti Gunung Rinjani yang megah serta pesona bawah laut kepulauan Gili.

Pesawat Airbus A320 berkode registrasi PK-AXU ini akan melayani rute penerbangan langsung terbaru dari Bandara Internasional Lombok menuju Perth, Australia mulai 9 Juni 2019, serta beberapa rute domestik yang rencananya akan segera beroperasi, yaitu ke Jakarta, Yogyakarta, dan Bali. 
 
Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar