Transfer uang Western Union Malaysia ke Indonesia satu juta lebih transaksi

id Western Union,Western Union Malaysia

Transfer uang Western Union Malaysia ke Indonesia satu juta lebih transaksi

Peresmian konsep baru Western Union di Pusat Perbelanjaan Kotaraya Complek Jalan Tun Tan Cheng Lock, City Centre, Kuala Lumpur, milik Horizon Remit. Foto ANTARA/Agus Setiawan (1)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Pengiriman uang atau transfer yang dilakukan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Malaysia yang menggunakan jasa pengiriman uang Western Union (WU) mencapai satu juta lebih transaksi dalam satu tahun. 

"Jumlah transaksi lebih kurang dalam satu tahun lebih dari satu juta transaksi, Kalau jumlah nominal-nya kita tidak tahu pasti," ujar Chief Executive Officer (CEO) Western Union Payments Malaysia Sdn Bhd,  Henry Ong Hong Khoon didampingi Direktur dan CEO Horizon Remit Subbaraman AV di Kuala Lumpur, Sabtu.

Henry mengemukakan hal tersebut usai peresmian konsep baru Western Union di Pusat Perbelanjaan Kotaraya Complek Jalan Tun Tan Cheng Lock, City Centre, Kuala Lumpur, milik Horizon Remit.

"Ini agen Western Union  yang terbesar di Malaysia yang dimiliki oleh Horizon Remit. Peresmian new concept ini dengan 'branding' yang terbaru.
Kita menggunakan branding global dan nanti konsep yang lama akan ditukar satu demi satu untuk seluruh Malaysia," katanya. 

Henry mengatakan peresmian konsep baru WU ini adalah yang pertama dilakukan yang nanti akan dilakukan secara bertahap.

"Untuk sistem pengiriman uang masih sama. Kalau anda antar kiriman uang dalam cash akan sampai dalam hitungan menit bermakna kalau kirim uang ke Indonesia akan sampai dalam beberapa menit," katanya.

Dia mengatakan untuk pengambilan uang di Indonesia tidak selalu diambil di kantor Pos Indonesia tetapi bisa juga di Pegadaian, Bank Mandiri dan sejumlah agen.

"Tidak selalu ambil di kantor pos. Bisa ambil di Pegadaian,  bisa ambil di Bank Mandiri kami punya banyak agen. Untuk pengambilan di ATM untuk Indonesia tidak boleh lagi. Kalau ke rekening bank boleh tetapi kalau ambil di ATM tidak boleh," katanya.

Selain pengiriman ke Indonesia, WU untuk wilayah Asia banyak melayani pengiriman uang ke  Filipina, Myanmar, Banglades, India, Vietnam dan Nepal.

"Kalau Kota Raya banyak Filipina dan Myanmar warga Indonesia tidak banyak. Yang banyak di Chow Kit. Kita juga membuka di Chow Kit, Brickfield, Bukit Bintang. Kalau ada banyak penduduk Indonesia dan Filipina kita akan membuka disana," katanya.

Untuk biaya pengiriman uang dia, mengatakan untuk pengiriman diatas RM150 biayanya RM5 sedangkan diatasnya dinaikkan sedikit.

Henry mengatakan lokasi WU di Malaysia ada sekitar 2.800 tempat karena jasa pengiriman uang asal Amerika Serikat tersebut juga menggandeng Pos Malaysia, Hong Leong Bank, RHB, Public Bank, MayBank dan sebagainya.

"Saat ini WU memiliki 550 ribu perwakilan di seluruh dunia yang berlokasi di 200 negara," katanya.