Malaysia umumkan rekor terendah penularan harian COVID

id Malaysia,corona,pkp,rekor terendah

Malaysia umumkan  rekor terendah penularan harian COVID

Seorang petugas memeriksa suhu tubuh jamaah yang akan shalat di Masjid Nasional Malaysia di tengah mewabahnya virus corona (COVID-19) di Kuala Lumpur, Malaysia (15/5/2020). ANTARA/REUTERS/Lim Huey Teng/aa.

KUALA LUMPUR (ANTARA) - Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) mengumumkan terjadinya pencapaian rekor jumlah kasus harian paling rendah semenjak Perintah Kawalan Pergerakan (PKP) diterapkan pada 18 Maret 2020 lalu yakni  dua kasus positif COVID-19.

"Kasus baru  COVID-19  dalam negeri mencapai rekor  terendah sejak PKP dilaksanakan sehingga menjadikan jumlah kumulatif kasus keseluruhan penularan wabah ini sebanyak 8.338," ujar Dirjen Kesehatan KKM, Dr Noor Hisham Abdullah dalam jumpa pers harian di Putrajaya, Rabu .

Noor Hisham mengatakan dari dua kasus baru yang dilaporkan tersebut ada satu kasus impor dan satu lagi kasus penularan di Malaysia yang melibatkan bukan warga Malaysia.

"Kabar gembira disampaikan bahwa pada hari ini juga tidak ada kasus penularan dalam negeri  dari kalangan warga Malaysia," katanya.

Dia mengatakan satu kasus penularan di dalam negeri yang dicatatkan adalah seorang bukan warga negara yang dilaporkan di Kuching, Sarawak, yaitu kasus saringan kepada kontak terdekat kasus 8.303.

"Untuk rekor  dua hari berturut-turut tidak ada yang terjangkit COVID-19 berkaitan kasus penularan setempat yang melibatkan rakyat Malaysia," katanya.

Sedangkan jumlah kumulatif kasus pulih sepenuhnya dari COVID-19 dalam negara juga meningkat menjadi 7.014 kasus yaitu 84.1 persen dari keseluruhan kasus.