PPI Malaysia gelar workshop kesekretariatan

id Malaysia,PPI Malaysia,PPI

PPI Malaysia gelar workshop kesekretariatan

Biro Kesekretariatan dan Administrasi Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia 2020/2021 mengadakan acara Workshop Kesekretariatan via Zoom Cloud Meetings. ANTARA Foto/Ho-Mutiara Puteri

Kuala Lumpur (ANTARA) - Biro Kesekretariatan dan Administrasi Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Malaysia 2020/2021 mengadakan acara Workshop Kesekretariatan via Zoom Cloud Meetings. 

Kegiatan dalam rangka memperkenalkan Biro Kesekretariatan dan Administrasi pertama di PPI Malaysia.

Acara ini bertujuan untuk memberikan pemahaman akan penulisan yang baik dan benar dalam hal kesekretariatan dan administrasi serta menjaga silaturahmi agar selanjutnya dapat tercipta kolaborasi yang baik antar PPI Kampus se-Malaysia dan Kesekretariatan PPI Dunia. 

Acara ini dihadiri oleh Gabriella Suarez Pratiwi selaku Kepala Biro Kesekretariatan dan Administrasi PPI Dunia 2020/2021 dan Salsabila Putri Dywantie selaku Kepala Bidang Kesekretariatan Internal PPI Dunia 2020/2021 sebagai pembicara yang secara inspiratif membagi ilmu juga pengalaman seputar dunia kesekretariatan dan administrasi kepada para peserta acara. 

Workshop Kesekretariatan PPI Malaysia 2020/2021 ini ditujukan khusus untuk Sekretaris PPI Kampus se-Malaysia. 

Selain untuk menjaga silaturahmi acara ini dapat dijadikan wadah bertukar pikiran, informasi, menambah ilmu, serta menampung aspirasi PPI Kampus se-Malaysia. 

Acara ini dihadiri lebih dari 65 orang di Zoom Cloud Meetings, termasuk 14 panitia, 51 peserta, dan dua pembicara serta 86 views live YouTube PPI Malaysia. 

Diawali dengan persiapan pada pukul 10.00 WIB, dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PPI Malaysia serta pembacaan doa. 

Kemudian, terdapat penyampaian kata sambutan oleh Ketua Pelaksana Workshop Kesekretariatan PPI Malaysia 2020/2021, Kepala Biro Kesekretariatan dan Administrasi PPI Malaysia 2020/2021 dan juga Ketua Umum PPI Malaysia 2020/2021. 

Sebelum masuk ke sesi pemaparan materi oleh pembicara pertama, MC membacakan CV para pembicara agar peserta dapat berkenalan dan mengetahui background pembicara. 

Materi pertama disampaikan oleh Gabriella Suarez Pratiwi dengan tema “Kesekretariatan dan Administrasi” selama 20 menit dan selanjutnya diadakan sesi tanya jawab serta praktik yaitu identify error sebuah surat yang aktif diikuti peserta hingga pukul 12.00 WIB.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi oleh pembicara kedua, yaitu Salsabila Putri Dywantie dengan tema “Peran Sekretaris dalam Organisasi”. 

Pukul 12.20 WIB acara berlanjut ke sharing session bersama para pembicara dimana mereka memaparkan Program Kerja Biro Kesekretariatan dan Administrasi PPI Dunia 2020/2021 dan berbagi pengalaman juga tips and trik seputar dunia kesekretariatan yang dapat menambah insight para peserta. 

Sebelum berakhirnya acara, peserta berpartisipasi pada sesi games yang disediakan oleh panitia guna mencairkan suasana yang sebelumnya bersifat lebih formal. Acara ini selesai pada pukul 13.00 dan ditutup dengan sesi foto bersama serta kata perpisahan oleh MC acara. 

Workshop Kesekretariatan PPI Malaysia 2020/2021 ini diharapkan dapat menjadi batu loncatan ke pengurusan selanjutnya serta dapat memberikan kesadaran akan pentingnya pemilihan kata dalam membuat surat, proposal, maupun administrasi lainnya dan peserta dapat mengimplementasikan materi yang telah disampaikan oleh pembicara dengan baik dan benar.