Tiga artikel Unismuh Makassar juarai lomba tulisan di USM Malaysia

id Universitas Sains Malaysia,Lomba Artikel Internasional,Universitas Muhammadiyah Makassar

Tiga artikel Unismuh Makassar juarai lomba tulisan di USM Malaysia

Tangkapan layar suasana pengumuman lomba artikel Internasional yang diselenggarakan Internasional Waqaf Ilmu Nusantara Library, Universitas Sains Malaysia (USM). ANTARA/Humas Unismuh Makassar

"Pengumuman Lomba tersebut disiarkan melalui kanal Youtube Internasional Waqaf Ilmu Nusantara, semalam," imbuh Ketua Prodi S2 Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar, Kaharuddin PhD.
Makassar (ANTARA) - Tiga artikel dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar meraih predikat juara dalam Kompetisi Menulis Artikel Internasional yang diselenggarakan Internasional Waqaf Ilmu Nusantara Library, Universitas Sains Malaysia (USM).

“Alhamdulillah, sebuah kesyukuran, meski Prodi Magister Pendidikan Sosiologi baru saja dibuka tahun ini, namun kami sudah bisa berkiprah di tingkat internasional dengan membawa nama Unismuh,” kata Rektor Unismuh Prof Dr H Ambo Asse di sela penyambutan mahasiswa baru di Makassar, Kamis.

Dia mengatakan, suatu kebanggaan tersendiri bagi Unismuh Makassar, karena hasil karya dari Prodi Magister Pendidikan Sosiologi dapat berkompetisi dengan universitas ternama dari Indonesia maupun luar negeri.

Lomba Artikel Internasional ini diikuti oleh perguruan tinggi dari Indonesia, Malaysia, dan Thailand. Kampus tersebut antara lain, Universiti Sultan Zainal Abidin (UniSZA) Malaysia, Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Universitas Sains Malaysia, Universitas Darusalam Gontor (UNIDA), dan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (UNTIRTA).

Kampus lainnya, Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur (UPNV Jatim), UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, dan lain-lain.

"Pengumuman Lomba tersebut disiarkan melalui kanal Youtube Internasional Waqaf Ilmu Nusantara, semalam," imbuh Ketua Prodi S2 Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar, Kaharuddin PhD.

Adapun tiga artikel yang berhasil menyabet juara dari Unismuh, yaitu, artikel yang berjudul “Perubahan Perilaku Sosial Pekerja Migran Indonesia (PMI) di Desa Mattirowalie Kecamatan Tanete Riaja Kabupaten Barru, karya Nasmiati (Juara III Umum/ Bronze Award).

Artikel lainnya adalah “Multilingual Lanskap Linguistik di Museum La Galigo Fort Rotterdam” ditulis oleh Haspina Hasan dan Kaharuddin (Kategori Lomba Tema Sosio-Linguistik), dan artikel berjudul “Anak Pekerja Migran Indonesia (Tinjauan Sosiologi Pendidikan)” ditulis Hasnah dan Andi Asywid Nur (Kategori Lomba Tema Labour).

Para penulis pemenang lomba artikel tersebut merupakan para peneliti dari “Center for Nusantara Studies” yang dibentuk oleh Prodi Magister Pendidikan Sosiologi Unismuh Makassar.

Topik riset seputar Nusantara, kata Kaharuddin, akan menjadi salah satu konsen isu kajian di prodi yang dipimpinnya. Selain itu, pihaknya juga sudah bersepakan berkolaborasi dalam riset dan publikasi dengan universitas lainnya. Agenda terdekat adalah membuat book chapter bersama.

 
Rektor Unismuh Prof Dr H Ambo Asse di sela penyambutan mahasiswa baru di Makassar, Kamis (9/9/2021)
. ANTARA Foto/ HO/Humas Unismuh Makassar
Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2021