Usulan tiga ketegori yang gratis naik ke atas Candi Borobudur

id borobudur,borobudur gratis

Usulan tiga ketegori yang gratis naik ke atas Candi Borobudur

Wisatawan melintasi pelataran Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (7/6/2022). ANTARA FOTO/Anis Efizudin/tom.

Memberikan ruang (naik Candi Borobudur) kepada pemimpin upacara keagamaan, bukan pesertanya karena spirit konservasi tadi

Yogyakarta (ANTARA) - BUMN pengelola destinasi wisata Taman Wisata Candi Bodobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) mengusulkan ke pemerintah tiga kategori pengunjung yang bisa mendapat akses naik ke bangunan Candi Borobudur secara gratis. 

Pemerintah sedang mengkaji ulang penerapan tiket seharga Rp750 ribu untuk naik ke bangunan Candi Borobudur setelah masyarakat melayangkan protes. 

Direktur Utama PT TWC Edy Stijono dalam diskusi daring Membicarakan (Lagi) Borobudur: antara Konservasi dan Pariwisata yang dipantau di Yogyakarta, Jumat, mengusulkan, pertama, kegiatan kenegaraan dapat diizinkan dilaksanakan hingga ke atas bangunan candi tanpa dipungut biaya.

"Kegiatan kenegaraan masih diizinkan karena kita sama-sama tahu bahwa Candi Borobudur jadi kebanggan bangsa," ujar dia. 

Akses kedua diberikan hanya bagi pemimpin upaya keagamaan yang selaras dengan kesepakatan bersama antarmenteri terkait dengan kegiatan keagamaan di Candi Buddha terbesar di dunia tersebut. Itu diterapkan demi pelaksanaan konservasi. 

Baca juga: Kenaikan harga tiket Candi Borobudur ditunda
Baca juga: Terkini Indonesia Masters 2022, empat wakil Indonesia ke semifinal


"Memberikan ruang (naik Candi Borobudur) kepada pemimpin upacara keagamaan, bukan pesertanya karena spirit konservasi tadi," kata Edy.

Selanjutnya akses ketiga, diusulkan untuk diberikan pada siapa saja warga negara Indonesia (WNI) yang memperoleh izin atau rekomendasi dari otoritas yang akan ditentukan pemerintah.

Kriteria pengunjung yang mendapat rekomendasi untuk dapat naik secara gratis ke bangunan candi akan ditentukan oleh otoritas tersebut, lanjutnya. 

Pengunjung lain yang tidak masuk dalam tiga kategori tersebut boleh naik ke bangunan dengan syarat membayar tiket sesuai tarif yang akan ditetapkan nanti. 

Usulan kebijakan itu, menurut dia, untuk kepentingan konservasi atau pelestarian fisik candi sehingga perlu membatasi pengunjung yang naik hingga ke stupa Candi Borobudur maksimal 1.200 pengunjung per hari. 

Baca juga: Luhut buka peluang kaji tarif tiket Candi Borobudur untuk wisatawan domestik
Baca juga: Tiket Candi Borobudur Rp750 ribu khusus untuk menaiki bangunan


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: PT TWC usulkan tiga kategori pengunjung bisa naik Borobudur gratis