Delegasi ASEAN Economic Ministers Retreat 2023 diajak nikmati pesona malam Borobudur

id Mendag,AEM,Candi Borobudur

Delegasi ASEAN Economic Ministers Retreat 2023 diajak nikmati pesona malam Borobudur

Delegasi ASEAN berfoto dengan latar belakang Candi Borobudur pada saat Gala Dinner for the 29th AEM Retreat di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa malam (21/3/2023) (ANTARA/Kuntum Riswan)

Magelang (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengajak delegasi ASEAN Economic Ministers (AEM) Retreat 2023 pesona malam hari Candi Borobudur sambil menikmati kuliner serta menyaksikan tarian dan musik tradisional Indonesia. 

“Sebelum memulai pertemuan besok, saya ingin mengajak seluruh keluarga ASEAN dan Republik Demokratik Timor-Leste untuk menikmati kuliner khas Indonesia, sambil menyaksikan pertunjukan tari dan musik tradisional Indonesia,” kata Zulkifli Hasan pada Gala Dinner for the 29th AEM Retreat di kawasan Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa malam.

Mendag Zukifli menyampaikan Magelang, Jawa Tengah, dipilih sebagai lokasi pertemuan AEM Retreat karena adanya Candi Borobudur yang megah dan dikelilingi Perbukitan Menoreh nan indah dengan udara sejuk di antara rimbunnya hutan jati dan kekayaan warisan budaya, yang diharapkan dapat menambah kenyamanan delegasi dari negara-negara anggota ASEAN. 

Zulkifli juga menyampaikan reputasi Candi Borobudur yang bukan hanya tercatat sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO, tetapi juga keberadaannya yang menjadi simbol toleransi dan kerukunan umat beragama di Indonesia. 

Ia juga mengatakan kehadiran para Menteri ASEAN di Magelang menjadi cermin dukungan terhadap Keketuaan Indonesia pada ASEAN 2023 yang mengusung tema "ASEAN matters: Epicentrum of growth". Reatret tersebut diharapkan dapat memberikan hasil nyata untuk memastikan entitas ASEAN dapat mencapai pertumbuhan ekonomi dan memperoleh manfaat dari kerja sama tersebut. 

Perwakilan negara anggota ASEAN yang hadir pada Gala Dinner tersebut adalah Malaysia, Vietnam, Kamboja, Timor Leste, Filipina, Thailand, Singapura, Laos, Brunei Darussalam dan ASEC (Sekretariat ASEAN). Seluruh delegasi pada malam itu mengenakan batik dengan motif Garuda dan logo Keketuaan ASEAN Indonesia. 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Mendag ajak delegasi AEM Retreat 2023 nikmati pesona malam Borobudur