KNPI: Peningkatan kerja sama ekonomi digital buka ruang kreatif pemuda RI-Malaysia

id KNPI,Menlu Malaysia,ekonomi digital

KNPI: Peningkatan kerja sama ekonomi digital buka ruang kreatif pemuda RI-Malaysia

Ketua Umum DPP KNPI Haris Pertama (empat kanan) saat bertemu Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah (ketiga kiri) di Wisma Putra, Putrajaya, Kamis (14/7/2022). (ANTARA/HO-KNPI Malaysia)

Sampaikan kepada saya terkait program-program apa saja yang harus kita lakukan untuk kemajuan kedua negara terutama berkaitan dengan ekonomi digital yang disampaikan oleh ketua umum KNPI
Kuala Lumpur (ANTARA) - Peningkatan kerja sama ekonomi digital antara Indonesia dan Malaysia penting terlaksana karena akan membuka ruang lebih kreatif pemuda dua negara, kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) Haris Pertama.

Indonesia dan Malaysia akan dapat terus meningkatkan kerja sama melalui peningkatan kerja sama pembangunan ekonomi digital. Tidak saja untuk kepentingan bilateral dua negara namun juga untuk kesejahteraan Kawasan ASEAN dan memberikan peluang pemuda kedua negara untuk menuju kemandirian, kata Haris dalam keterangan tertulisnya dari Kuala Lumpur, Jumat.

Selain menyampaikan hal tersebut dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah pada Kamis (14/7), Haris juga mengatakan kehadiran KNPI sebagai cara untuk menunjukkan adanya peran pemuda untuk memperkuat hubungan kedua negara dengan cara menjalin kerja sama dan hubungan lebih erat antar-organisasi non-pemerintah.

Menteri Luar Negeri Malaysia Saifuddin Abdullah mengatakan KNPI dan Majlis Belia Malaysia (MBM) harus tumbuh menjadi pemuda pelopor. Terlebih keduanya, menurut dia, merupakan kawah candradimuka para pemimpin masa depan.

“Saya minta KNPI dan MBM harus terus dapat bekerja sama untuk memperkuat hubungan kedua negara. Saya berharap KNPI dan MBM terus memberikan ide, gagasan untuk kemajuan bagi kedua negara dan Kementerian Luar Negeri Malaysia siap membantu kedua organisasi tersebut jika peran kita diharapkan," kata Saifuddin.
 
Suasana saat DPP KNPI bersama Majlis Belia Malaysia bertemu Wakil Ketua DPR Malaysia Mohd Rashid Hasnon di Gedung Parlemen Malaysia Mohd Rashid Hasnon di Gedung Parlemen Malaysia di Kuala Lumpur, Kamis (14/7/2022). (ANTARA/HO-KNPI Malaysia)



“Jadi sekali lagi, saya juga berharap adanya masukan untuk hubungan kedua negara yang lebih baik dari teman-teman KNPI dan MBM. Sampaikan kepada saya terkait program-program apa saja yang harus kita lakukan untuk kemajuan kedua negara terutama berkaitan dengan ekonomi digital yang disampaikan oleh ketua umum KNPI," ujar dia.

Sementara itu, dalam pertemuan KNPI dan MBM dengan Wakil Ketua DPR Malaysia Mohd Rashid Hasnon di Gedung Parlemen Malaysia, Haris mengatakan hal yang sama, bahwa Indonesia dan Malaysia harus terus meningkatkan kerja sama lintas sektor terutama berkaitan dengan peran anak muda dalam ekonomi digital, bahkan peran lainnya yang dianggap memerlukan kehadiran pemuda kedua negara.

Wakil Ketua DPR Malaysia Mohd Rashid menilai kunjungan bersama KNPI dan MBN sudah merupakan satu wujud semangat pemuda dalam membina hubungan kedua negara.

“Saya sangat mengapresiasi kunjungan ketua umum DPP KNPI, Haris Pertama ke Malaysia dan Gedung Parlimen ini. Hal ini merupakan tonggak dan sejarah baru bagaimana peran pemuda dalam menjaga hubungan baik kedua negara," ujar dia yang juga berharap akan ada kunjungan berikutnya saat pemuda yang hadir di sana sudah menjadi tokoh-tokoh negara.

Selanjutnya Ketua DPP KNPI Haris Pertama akan melanjutkan perjalanan ke Sabah untuk menghadiri undangan MBM untuk perayaan Hari Belia Malaysia.

Baca juga: KNPI: Pemuda Indonesia-Malaysia perlu pererat hubungan lewat diplomasi kalangan muda

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KNPI: Kerja sama ekonomi digital buka ruang kreatif pemuda RI-Malaysia