Traveler Indonesia gelar festival durian di Aceh Jaya

id aceh,festival,lomba,durian,pemkab,daerah,pemda,ekonomi,masyarakat

Traveler Indonesia gelar festival durian di Aceh Jaya

Panitia dari tim Durian Traveler Indonesia, Alif memperlihatkan salah satu durian dari Aceh Jaya pada festival dan lomba durian di pinggir Pantai Pasie Luah, Calang, Kecamatan Krueng sabee Kabupaten Aceh Jaya, Minggu (17/7/2022) (ANTARA/Arif Hidayat)

Banda Aceh (ANTARA) - Traveler Indonesia menggelar festival dan lomba durian di  pinggir Pantai Pasie Luah, Calang, Kecamatan Krueng Sabee Kabupaten Aceh Jaya.

Ketua panitia festival dan lomba durian, Alif di Calang, Minggu mengatakan kegiatan yang berlangsung  dari Sabtu 16 Juli 2022 hingga Senin (18/7) merupakan bagian dari upaya  mempromosikan daerah setempat.

“Sejak dibuka pendaftaran sudah ada 25 varietas yang sudah mendaftar dalam ajang Festival dan lomba durian yang tersebar dari seluruh Aceh Jaya dan Aceh Besar juga akan hadir pada acar final besok,” katanya.

Ia menambahkan sejak dua tahun terakhir pihaknya sudah melakukan pendalaman materi terhadap durian di Kabupaten Aceh Jaya dan Aceh Besar sehingga menemukan banyak hal terkait durian asli  di dua kabupaten tersebut.

“Ada durian yang buahnya besar seperti salah satu durian dari Thailand tapi punya karakter dan rasanya lokal," katanya.

Alif menambahkan pihaknya juga melihat petani durian di Aceh Jaya dan Aceh Besar sudah serius dalam budidaya durian sehingga mereka  tidak lagi hanya mengandalkan cara tradisional.

"Di dua Kabupaten ini juga kami temukan durian yang sangat enak seperti durian "Mi eh" atau kucing tidur, " katanya.

Sementara itu, Aceh Jaya  juga mempunyai lebih banyak varian durian dari hasil petani durian Aceh Jaya yang rasanya juga luar bisa.

"Pada tahun pertama kami menemukan delapan kandidat berbakat durian yang bisa dibawa ke kancah internasional dan pada tahun ke dua ada lima jagoan baru lagi dari tempat yang berbeda serta saat ini kami juga menemukan calon baru lagi dari hasil petani tradisional di Aceh Jaya itu yang membuat kami mengadakan kegiatan disini," katanya.
 

Baca juga: Prambanan Jazz Festival 2022 jadi tempat kolaborasi musisi lintas generasi
Baca juga: Lebih dari 11.000 pengunjung hadiri RWMF 2022 dalam dua hari


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Traveler Indonesia gelar festival dan lomba durian di Aceh Jaya