Muhaimin: Pekerja migran terus didukung demi nama baik bangsa

id BP2MI, Calon Pekerja Migran Indonesia, CPMI Korea, Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia

Muhaimin: Pekerja migran terus didukung demi nama baik bangsa

Wakil Ketua DPR Muhaimin Iskandar saat hadir di acara pembekalan BP2MI kepada 489 calon Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Korea Selatan di hotel kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin (19/9/2022).ANTARA/HO-BP2MI

Jadi membuat mereka percaya diri. Ini penghormatan yang negara berikan pada mereka dan mereka layak diberikan penghormatan seperti ini.
Jakarta (ANTARA) - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Muhaimin Iskandar mengatakan negara Indonesia melalui Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) terus mendukung fasilitas-fasilitas untuk para pekerja migran Indonesia (PMI) demi nama baik bangsa.

"Ini (BP2MI) lembaga yang sangat penting untuk nama baik bangsa kita," kata Muhaimin saat acara pembekalan BP2MI kepada 489 calon pekerja migran Indonesia (CPMI) untuk Korea Selatan di salah satu hotel kawasan Kelapa Gading, Jakarta Utara, Senin.

Muhaimin menegaskan, kalau negara ingin memberikan perlakuan hormat dan devisa negara yang besar dengan memberikan perhatian yang besar terhadap sarana dan prasarana pekerja migran.

Dalam hal ini Muhaimin berharap BP2MI, Kementerian Keuangan dan Komisi IX DPR dapat terus bersinergi memastikan peningkatan kompetensi pekerja migran Indonesia bisa bersaing dengan tenaga kerja luar negeri.

"Sarana dan prasarana dukungan negara kepada mereka harus meningkat. Maka dari itu sangat penting untuk dipahami Kementerian Keuangan, Komisi IX DPR, BP2MI," kata Muhaimin.

Sementara itu, Kepala BP2MI Benny Rhamdani mengatakan 489 CPMI program kerja sama antarpemerintah (G to G) dengan Korea Selatan pada Senin ini terdiri dari pekerja sektor manufaktur dan sektor perikanan.

CPMI tersebut berasal dari 18 daerah di Indonesia, terbanyak dari Jawa Tengah (278 orang).

Hingga saat ini, sudah 7.748 CPMI program G to G Korea Selatan yang sudah difasilitasi keberangkatannya oleh BP2MI.