Pesisir Selatan miliki destinasi pantai Batu Puti

id Pesisir Selatan miliki destinasi pantai Batu Puti

Pesisir Selatan miliki destinasi pantai Batu Puti

Ilustrasi--Pantai. (ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan)

Painan (AntaraKL) - Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat secara resmi menetapkan Pantai Batu Puti di Kenagarian Api-Api Kecamatan Bayang sebagai objek wisata daerah.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni di Api-Api, Minggu menyampaikan peresmian merupakan bentuk keseriusan pemerintah daerah dalam pengembangan potensi pariwisata yang ada.

"Apalagi objek wisata kawasan Pantai Batu Puti ini layak untuk dikembangkan," ucapnya.

Peresmian pada Sabtu(4/6) ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni dan Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Lisda Hendrajoni.

Sektor pariwisata dinilai memiliki potensi perekonomian sangat besar. Keberadaaanya mampu menggerakan sendi-sendi usaha, baik skala Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) hingga besar.

Karena itu, lanjutnya pemerintah kabupaten kini kian menggencarkan berbagai kegiatan promosi pada potensi dan destinasi wisata yang ada di daerah ini.

Bahkan, terus berupaya menggaet pembiayaan pengembangan dan pembangunan sektor kepariwisataan wisata dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Tahun ini, misalnya, kita dapat Rp70 miliar untuk pembangunan jalan sepanjang 41 Kilo Meter dari Bungus -KWBT Mandeh," ucapnya.

Sementara, salah seorang Putera Utama Pesisir Selatan, Is Anwar meminta penmerintah daerah untuk lebih serius dalam menggarap sektor kepariwisataan.

Menurutnya, selama ini kendala utama pengembangan dan pembangunan dunia kepariwisataan adalah karena minimnya ketersediaan infrastruktur yang memadai.

"Ini bukan semata infrastruktur dasar seperti jalan dan jembatan saja, akan tetapi yang tak kalah penting adalah infrastruktur di lokasi wisata itu sendiri," katanya.

Kendati demikian, dirinya yakin Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dengan kerja kerasnya mampu membenahi dan menyediakan infrastruktur tersebut.

Selain itu, pemerintah daerah, tambahnya, ia juga berharap para perantau mau menanamkan investasinya di kampong halaman, utamanya untuk sektor pariwisata.

Pada kesempatan itu sekaligus dilakukan serah terima hibah tanah pribadi seluas 23 Hektare di Sungai Tawar dari H. Is Anwar Dt. Rajo Perak pada Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan.