Kementerian BUMN meluncurkan buku panduan AKHLAK "Culture Journey"

id AKHLAK Culture Journey,buku panduan, FHCI,BUMN, KBUMN

Kementerian BUMN meluncurkan buku panduan AKHLAK "Culture Journey"

Peluncuran buku panduan pelaksanaan AKHLAK Culture Journey yang digelar di Jakarta, Senin (28/11/2022). (Sinta Ambarwati)

Melalui ini (buku panduan), apa yang kita hari ini akan lebih terarah, apa yang kita harapkan, apa yang kita dambakan, bahwa BUMN perlu maju, perlu mendukung budaya kerja

Jakarta (ANTARA) - Kementerian BUMN bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) meluncurkan buku panduan pelaksanaan AKHLAK Culture Journey yang menjadi pedoman bagi seluruh perusahaan BUMN dalam mengimplementasikan fundamental nilai utama AKHLAK di perusahaannya.

"Melalui ini (buku panduan), apa yang kita hari ini akan lebih terarah, apa yang kita harapkan, apa yang kita dambakan, bahwa BUMN perlu maju, perlu mendukung budaya kerja. Ini akan kejadian," ujar Deputi Sumber Daya Manusia, Teknologi dan Informasi Kementerian BUMN Tedi Bharata dalam peluncuran buku panduan AKHLAK Culture Journey di Jakarta, Senin.

Menurut dia, buku yang diinisiasi tim task force yang terdiri dari sejumlah perusahaan BUMN dari berbagai sektor industri ini merupakan produk bersama yang seharusnya menjadi kebanggaan dan milik bersama, bukan hanya milik Kementerian BUMN.

Ia turut mengapresiasi lahirnya sejumlah inisiatif-inisiatif yang dicetuskan para direktur FHCI usai dua tahun peluncuran nilai utama AKHLAK yang merupakan identitas, perekat budaya kerja untuk menunjang performa bisnis secara berkelanjutan.

Sementara itu, perwakilan dari PT PLN (Persero) Syahrial Amin menyampaikan bahwa buku panduan ini berisi sejumlah tahap implementasi nilai utama AKHLAK, mulai dari tahap awal yakni membangun kesadaran dan pemahaman SDM BUMN terhadap perubahan perilaku dan budaya AKHLAK.

Tahap selanjutnya adalah intervensi yakni BUMN mengupayakan perubahan perilaku dan budaya AKHLAK secara terencana. Tahap ketiga yakni penerimaan, SDM BUMN menerima dan mendukung perubahan perilaku dan budaya AKHLAK.

Keempat, tahap perubahan perilaku yakni AKHLAK telah tercermin dalam perilaku SDM BUMN sehari-hari.

Kelima, yakni tahap hasil dan dampak, dimana perubahan perilaku budaya AKHLAK memberikan dampak bagi perusahaan dan menjadi budaya kerja sumber daya manusia di BUMN.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Sekretaris Jenderal Forum Human Capital Indonesia Siti Indah Suri mengatakan peluncuran buku panduan ini sebagai tindak lanjut atas Keputusan Menteri BUMN yang tertuang dalam SK-115/MBU/05/2022 Tentang Pedoman Implementasi Nilai-Nilai Utama SDM BUMN.

"Ini merupakan strategi serta manifestasi FHCI yaitu character building yang kuat dalam ciptakan role model dan mindset AKHLAK di lingkungan BUMN," paparnya.

Dalam acara ini turut dilakukan penandatangan komitmen implementasi AKHLAK Culture Journey di lingkungan grup BUMN yang diwakili oleh 12 perusahaan BUMN.

Baca juga: Wapres harap AKHLAK BUMN menjadi pelopor tumbuhnya ekosistem moral bangsa

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kementerian BUMN luncurkan buku panduan AKHLAK Culture Journey