Indonesia bawa tiga isu utama pada pertemuan Sosek Malindo di Kinabalu

id Sosek Malindo,Indonesia-Malaysia,Kaltara,Perbatasan Negara

Indonesia bawa tiga isu utama pada pertemuan Sosek Malindo di Kinabalu

Beberapa peserta pertemuan Rapat Koordinasi Persiapan Pertemuan Sosek-Malindo berbincang di kantor gabungan dinas Pemprov Kaltara, Selasa (14/2). (Muh. Arfan)

Kita ingin pastikan anak-anak PMI mendapatkan jaminan pendidikan serta kesehatan PMI kita terjamin dengan baik

Tanjung Selor (ANTARA) - Pemerintah Indonesia melalui Pemprov Kalimantan Utara akan membawa tiga isu utama pertemuan Sosial Ekonomi Malaysia Indonesia (Sosek Malindo) Maret 2023 mendatang di Kinabalu, ibu kota Negara Bagian Sabah, Malaysia.

"Tiga isu utama yang akan kita bawa dan bicarakan dengan Malaysia khususnya Negara Bagian Sabah. Yaitu ekonomi, sosial budaya, dan keamanan," kata Asisten I Setprov Kalimantan Utara Datu Iqro Ramadhan di Tanjung Selor, Selasa.

Tiga kelompok kerja (Pokja) yang terdiri atas Pemprov Kalimantan Utara, Pemerintah Kabupaten Nunukan, Polda Kalimantan Utara, Korem 092/Maharajalila, Bea Cukai Tarakan, BP2MI, dan instansi lainnya mulai melakukan pengumpulan turunan dari isu utama yang akan dibicarakan pada pertemuan Sosek Malindo nanti.

Turunan isu utama mencakup operasionalisasi empat Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kalimantan Utara yakni PLBN Sei Pancang (Nunukan), PLBN Labang (Nunukan), PLBN Long Midang (Nunukan), dan PLBN Long Nawang (Malinau).

"Kita juga akan usulkan pembangunan PLBN baru di perbatasan Seimanggaris (Nunukan, Kalimantan Utara) - Serudong (Sabah). Kita juga sudah sampaikan usulan ini ke pemerintah di Jakarta," ujar Datu Iqro.

Tim Pokja Sosek Malindo Kalimantan Utara juga akan membawa isu perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) serta jaminan pendidikan dan kesehatan bagi anak dan pekerja PMI di Malaysia.

"Kita ingin pastikan anak-anak PMI mendapatkan jaminan pendidikan serta kesehatan PMI kita terjamin dengan baik," kata Datu Iqro.

Ia menyampaikan, pertemuan Sosek Malindo antara pemerintah Indonesia dengan pemerintah Malaysia di Kuching, ibu kota Negara Bagian Serawak, Malaysia, juga tengah digelar.

Provinsi Kalimantan Utara merupakan provinsi yang berbatasan dengan Negara Bagian Sabah dan juga berbatasan dengan Negara Bagian Serawak.

"Sehingga kita juga memiliki tim khusus khususnya Kabupaten Malinau yang termasuk dalam Sosek Malindo Serawak yang dikoordinir oleh Provinsi Kalimantan Barat. Karena Malinau lebih dekat dengan Serawak," ujar Datu Iqro.