Universitas Kuningan - UKM rintis kolaborasi akademik

id Universitas Kuningan, UKM

Universitas Kuningan - UKM rintis kolaborasi akademik

Universitas Kuningan (Uniku) bersama Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) menandatangani Letter of Intent (LoI) untuk menjalin kerjasama akademik guna memajukan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. (1)

"Bekerja sama dengan Uniku akan semakin mempererat kerjasama akademik yang telah lama dirintis dengan kolega-kolega akademik di Indonesia. Sekaligus semakin meneguhkan eksistensi dan peran UKM sebagai universitas terkemuka dalam menjaga marwah dan ci
Kuala Lumpur, (AntaraKL) - Universitas Kuningan (Uniku) bersama Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) menandatangani Letter of Intent (LoI) untuk menjalin kerjasama akademik guna memajukan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Penandatanganan LoI dilakukan oleh Dekan Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan (FKIP) UNIKU, Yeyen Suryani, MPd dan Dekan Fakulti Pendidikan (FPend) UKM, Prof. Dato. Dr. Norazah Mohd. Nordin di Kampus UKM, Bangi, Selangor, Jumat (19/10).

"LoI ini menjadi syarat menuju MoU dan MoA. Kolaborasi akademik ini bermakna sekali bagi UKM dan Uniku. UKM berminat sekali berkolaborasi dengan Uniku dalam aktifitas pertukaran pelajar, kerjasama riset, seminar bersama, publikasi bersama dan pertukaran informasi terkait kurikulum, silabus dan kemudahan studi lanjut di jenjang master maupun PhD," ujar guru besar konseling yang mewakili Dekan Fakulti Pendidikan UKMProf Dr. Zuria Mahmud, .

Prof Zuria mengungkapkan UKM telah cukup banyak membina kerjasama dan persahabatan dengan sejumlah perguruan tinggi di Indonesia.

"Bekerja sama dengan Uniku akan semakin mempererat kerjasama akademik yang telah lama dirintis dengan kolega-kolega akademik di Indonesia. Sekaligus semakin meneguhkan eksistensi dan peran UKM sebagai universitas terkemuka dalam menjaga marwah dan cita-cita kebangsaan Malaysia," ujarnya.

Dekan FKIP Uniku, Yeyen Suryani, M.Pd. Dia mengatakan sangat tepat bagi Uniku memilih UKM sebagai mitra kerjasama akademik karena UKM adalah salah satu perguruan tinggi terbaik di Malaysia.

"Usia UKM yang dua tahun lagi berusia setengah abad telah teruji menghasilkan lulusan yang berkualitas. Banyak sarjana dan akademisi Indonesia yang menimba ilmu di UKM dan menjadi figur penting di perguruan tingginya masing-masing. Apa yang dicapai oleh UKM ini menjadi pertimbangan utama bagi UNIKU untuk membangun international benchmarking,? ujar Yeyen.

Bagi FKIP Uniku sendiri, ujar Yeyen, Fakulti Pendidikan UKM akan menjadi mitra strategis dalam pengembangan fakultas.

"Roadmap FKIP UNIKU dalam pendidikan, riset dan pengabdian masyarakat akan mudah terwujud lewat kolaborasi dengan perguruan tinggi berkelas dunia khususnya dengan UKM-nya," katanya.