Riza Patria terpilih jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta

id ahmad riza patria, riza patria,dprd dki,Wagub DKI,Wakil Gubernur DKI

Riza Patria terpilih jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta

Tangkapan layar hasil penghitungan suara untuk Wakil Gubernur DKI Jakarta yang dilakukan oleh DPRD DKI Jakarta, Senin (6/4/2020). (ANTARA/Livia Kristianti)

Jakarta (ANTARA) - Ahmad Riza Patria menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta terpilih berdasarkan suara yang dihitung dalam pemilihan Wakil Gubernur DKI oleh DPRD DKI Jakarta dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Senin.

"Nomor urut satu Ir Ahmad Riza Patira dengan nomor urut satu, dengan jumlah 81 suara," kata Ketua Panitia Pemilihan (Panlih) Faranzandi dalam rapat yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Pemprov DKI Jakarta.

Dalam penghitungan hasil suara, Riza Patria mendapatkan 81 suara dari 100 suara yang hadir. Sedangkan Nurmansjah Lubis hanya mendapatkan 17 suara serta dua surat suara dinyatakan tidak sah setelah proses penghitungan berakhir.

Pemilihan dilakukan secara tertutup melalui Rapat Paripurna DPRD DKI Jakarta atas kesepakatan bersama seluruh anggota DPRD DKI.

Pemilihan dilakukan dengan dua nama Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta dengan nomor urut satu untuk Riza Patria dari Faksi Gerindra dan nomor urut dua untuk Nurmansjah Lubis dari Fraksi PKS.

Enam bilik digunakan untuk pemungutan suara yang dilakukan dalam dua gelombang dengan sistem penjagaan jarak sosial. Setelah itu  berlanjut dengan penghitungan suara yang dilakukan oleh Panitia Pemilihan.

Proses pemilihan Wakil Gubernur DKI Jakarta ini mengalami proses yang berliku setelah kosong selama hampir dua tahun dan anggota DPRD DKI mengalami pergantian periode dan jabatan.

Akhirnya warga Jakarta kembali memiliki Wakil Gubernur DKI Jakarta yang akan mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.