Pebalap tim Astana Qazaqstan Gleb Syritsa menangi etape 1 Tour de Langkawi 2022

id Tour de Langkawi 2022,TDL 2022,Gleb Syritas,Aiman Cahyadi

Pebalap tim Astana Qazaqstan Gleb Syritsa menangi etape 1 Tour de Langkawi 2022

Pebalap sepeda tim ASTANA Qazaqstan Gleb Syritsa (tengah) merayakan keberhasilannya memenangkan etape pertama Tour de Langkawi 2022 yang finis di Kuala Lumpur, Malaysia pada Selasa (11/10/2022). ANTARA/HO/Tour de Langkawi 2022

Jakarta (ANTARA) - Pebalap sepeda tim Astana Qazaqstan Gleb Syritsa memenangi etape pertama Tour de Langkawi (TdL) 2022 sejauh 157,3 km dari Kuala Pilah sampai Kuala Lumpur, Malaysia, Selasa.

Pebalap sepeda berusia 22 tahun tersebut memenangkan kaus kuning setelah mengungguli pebalap-pebalap lainnya dengan catatan waktu 3:43:43 Ini juga merupakan kemenangan besar pertamanya dalam balap seri Profesional.

"Kata-kata tidak dapat menggambarkan perasaan saya karena ini adalah kemenangan besar pertama saya dalam balapan seri Pro. Sangat bagus untuk memulai balapan dengan kemenangan dan saya berterima kasih kepada tim saya karena mendukung dan mempersiapkan saya untuk sprint terakhir saat kami menuju 5 kilometer terakhir hari ini," kata Syritsa dalam rilis media Tour de Langkawi 2022.

Posisi kedua diraih oleh Erland Blikra dari tim X Pro Cycling, tempat ketiga diraih oleh pebalap baru tim Movistar Max Kanter dengan keduanya mencatatkan waktu yang sama.

Kemenangan ini merupakan yang perdana bagi Syritsa dalam balapan Seri Pro sejak beberapa kali meraih tempat kedua, termasuk di Balap Arktik Norwegia tahun ini dan Tur Slovekia, yang juga membuatnya finis di urutan ke-5 dalam sprint keseluruhan.

Mantan juara TdL Reinardt van Rensburg (Lotto-Soudal) dan pemenang tahun 2017 Ryan Gibbons (UEA Team Emirates) masing-masing menempati posisi ke-6 dan ke-7.