Jokowi ungkap baterai EV dari Indonesia bisa buat negara lain ketergantungan

id Jokowi,mobil listrik,baterai mobil listrik

Jokowi ungkap baterai EV dari Indonesia bisa buat negara lain ketergantungan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau langsung pabrik baterai mobil listrik di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Kamis (14/9/2023). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Rusman

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan produksi dari pabrik sel baterai mobil listrik terbesar se-Asia Tenggara yang terletak di Karawang, Jawa Barat, akan mendorong Indonesia masuk ke rantai pasok global dan membuat negara lain ketergantungan.

"Rantai pasok global bisa kita masuki, di situlah nantinya ketergantungan negara lain terhadap baterai sel kita, ketergantungan negara lain terhadap EV (kendaraan listrik) baterai kita di situ," kata Jokowi di Gudang Bulog Purwasari, Karawang Timur, Jawa Barat, Kamis, sebagaimana keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta.

Presiden Jokowi pada Kamis siang meninjau langsung pabrik baterai mobil listrik PT Hyundai LG Industry (HLI) Green Power di Kabupaten Karawang, Jawa Barat, yang merupakan pabrik sel baterai pertama dan terbesar di Asia Tenggara, serta mulai berproduksi pada awal 2024.

“Nanti mulai awal tahun akan sudah memproduksi 30 juta baterai sel yang itu akan bisa digunakan untuk memproduksi kurang lebih 180 ribu mobil, itu terbesar di Asia Tenggara,' kata Jokowi.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia yang turut mendampingi Presiden, mengatakan bahwa pabrik tersebut kini mulai melakukan uji coba produksi sejak dilakukan pencanangan pembangunan (groundbreaking) tepat dua tahun yang lalu.

"Alhamdulillah dua tahun yang lalu, tepatnya hari ini, kita melakukan groundbreaking terhadap pembangunan baterai mobil, sel baterai, dan dua tahun kemudian ini sudah jadi. Sekarang produknya sudah ada, sekarang sedang terjadi trail and error, mungkin bulan Maret tahun depan sudah berproduksi," ujar Bahlil.

Menurut Bahlil, pabrik tersebut telah menerapkan teknologi terbaru dari LG dalam produksinya. Dari lima pabrik milik LG di dunia, pabrik yang menggunakan teknologi terbaru adalah pabrik di Indonesia.

Lebih lanjut, Bahlil juga menjelaskan bahwa kunjungan Presiden Jokowi dilakukan untuk meninjau tahap kedua ekspansi produksi pabrik tersebut sebesar 20 GWh. Jika pabrik tersebut telah terbangun, kata Bahlil, kapasitas produksinya menjadi sebesar 30 GWh.

"Jadi nanti LG-nya akan membangun 30 Giga, dan ini adalah komitmen investasi yang kami sudah bicarakan selama ini, yang sering kita ngomong soal produksi baterai mobil, dan alhamdulillah sekarang sudah muncul," ujar dia..

Bahlil mengatakan produksi pabrik baterai mobil listrik tersebut juga menjadi salah satu perwujudan hilirisasi sumber daya alam Indonesia.

"Cita-cita Bapak Presiden yang diarahkan selalu kepada kami menterinya untuk membangun hilirisasi. Jadi apa yang disampaikan Bapak Presiden selama ini, itu bukan hanya omongan-omongan tapi ini adalah bukti nyata dan ini adalah betul-betul memakai teknologi tinggi. Dan nanti yang akan mengoperasikan anak-anak Indonesia karena sudah dikirim mereka, 100 orang lebih, ke Korea untuk mereka belajar di situ," kata dia.

Saat melakukan peninjauan, Presiden Jokowi melihat sejumlah area pabrik, antara lain lini elektroda, lini perakitan, hingga lini pembentukan. Turut mendampingi Presiden dalam peninjauan pabrik tersebut yaitu Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia Lee Sang Deok dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Jokowi ungkap baterai EV dari RI bisa buat negara lain ketergantungan