Sejumlah pebulu tangkis Indonesia berlaga di final tiga turnamen hari ini

id Anthony sinisuka ginting,jonatan christie,fajar alfian/muhammad rian ardianto,Fajar/rian,rinov rivaldy/pitha haningtyas

Sejumlah pebulu tangkis Indonesia berlaga di final tiga turnamen hari ini

Tunggal putra Indonesia Anthony Sinisuka Ginting saat merayakan kemenangannya di babak semifinal All England Open 2024 di Birmingham, Inggris, Sabtu (16/3/2024). (ANTARA/HO/PP PBSI)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah pebulu tangkis Indonesia siap berlaga dan memperebutkan gelar juara di babak final tiga turnamen yang bergulir pada Minggu.

Sebanyak tiga wakil akan bertanding di babak pamungkas turnamen BWF Super 1000 All England Open 2024, yang digelar mulai pukul 17.00 WIB.

Pertama adalah dari sektor tunggal putra, dimana Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie berupaya membawa pulang gelar juara di sektor tersebut, yang terakhir kali diraih oleh Hariyanto Arbi pada tahun 1994.

Adapun laga Jonatan dan Ginting mendatang merupakan kesembilan kalinya dua tunggal putra Indonesia bertemu dalam babak final turnamen bulu tangkis tertua di dunia ini, dan 30 tahun sejak adanya All Indonesian Final yang mempertemukan Hariyanto Arbi berhadapan dan Ardy Bernardus Wiranata.

Masih dari turnamen yang sama, pada sektor ganda putra, juara bertahan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bertekad untuk mempertahankan gelar mereka di kejuaraan prestisius ini.

Fajar/Rian akan berhadapan dengan peraih medali perunggu Olimpiade 2020 Tokyo asal Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik di babak final kedua mereka secara beruntun ini.

Ini juga menjadi ketiga kalinya secara berturut-turut dimana ada wakil ganda putra Indonesia yang menjadi finalis All England Open. Pada tahun 2022, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri menang atas Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Lalu, pada tahun berikutnya, Fajar/Rian menang atas The Daddies di babak final All England Open.

Pertandingan final antara Fajar/Rian dan Chia/Soh ini menjadi lebih seru lagi karena ini juga merupakan pertandingan antara dua mantan pemain ganda putra Indonesia lainnya, Ricky Soebagdja dan Rexy Mainaky, yang masing-masing menjabat sebagai kepala bidang pembinaan dan prestasi PP PBSI serta pelatih ganda putra Malaysia.

Beralih ke Prancis, sebanyak tiga wakil Indonesia juga berlaga di babak final Orleans Masters 2024, yang bergulir mulai pukul 17.00 WIB. Pertama adalah ganda campuran Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang akan berjumpa dengan wakil China Cheng Xing/Zhang Chi.

Besar harapan Rinov/Pitha untuk menyabet gelar juara demi bisa mengumpulkan lebih banyak lagi poin kualifikasi Olimpiade 2024 Paris, musim panas mendatang.

Masih dari Orleans, ada ganda putri Meilysa Trias Puspitasari/Rachel Allessya Rose yang bakal menjamu unggulan keempat dari Jepang Rui Hirokami/Yuna Kato di babak final.

Selanjutnya pada match terakhir, ada Sabar Karyaman Gutama/Mohammad Reza Pahlevi Isfahani yang bakal berhadapan dengan pasangan Malaysia Choong Hon Jian/Muhammad Haikal pada final turnamen BWF Super 300 ini.

Pindah ke Hanoi, debutan ganda campuran Amri Syahnawi/Indah Cahya Sari Jamil menjadi satu-satunya wakil Indonesia yang tersisa di turnamen Vietnam International Challenge 2024. Amri/Indah akan bertemu dengan wakil Thailand Pakkapon Teeraratsakul/Muenwong Phataimas.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Para pebulu tangkis Indonesia berlaga di final tiga turnamen hari ini