Veddriq atlet pertama sumbangkan medali emas untuk Indonesia dari Olimpiade 2024

id Olimpiade Paris 2024,Olimpiade ,Panjat tebing Indonesia ,Veddriq Leonardo

Veddriq atlet pertama sumbangkan medali emas untuk Indonesia dari Olimpiade 2024

Atlet panjat tebing putra Indonesia Veddriq Leonardo menggigit medali emas usai menjuarai nomor speed putra Olimpiade Paris 2024 di Le Bourget Climbing Venue, Paris, Prancis, Kamis (8/8/2024). Veddriq Leonardo berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 4,75 detik mengalahkan atlet China Wu Peng yang mencatatkan waktu 4,77 detik. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pras.

Jakarta (ANTARA) -
Atlet panjat tebing Veddriq Leonardo menjadi atlet pertama Indonesia yang menyumbangkan medali emas dalam Olimpiade Paris 2024.

Pria asal Pontianak itu mengalahkan wakil China, Wu Peng, dalam final yang diselenggarakan di Le Bourget Climbing Venue, Kamis malam WIB.

Dia membukukan waktu 4,75 detik atau 0,02 detik lebih cepat dari lawannya yang mencatat waktu 4,77 detik.

Sebelumnya, Veddriq mengatasi pemain tuan rumah Prancis,  Bassa Mawem, dalam  perempat final.

Dia menyisihan Mawem yang tak pernah mencatat waktu di dibawa lima detik, dengan membukukan  waktu 4,88 detik, sehingga lolos ke babak semifinal.



Dalam babak itu, Veddriq semakin trengginas dengan menuntaskan babak tersebut dengan catatan waktu 4,78 detik untuk mengalahkan lawannya Reza Alipour Shenazandifard dari Iran yang membukukan waktu 4,84 detik.

Hasil itu otomatis membuatnya masuk partai puncak untuk mengalahkan Wu Peng.

Dalam Olimpiade tahun ini Veddriq tampil fantastis. Dia bahkan sempat menyamai rekor dunia yang dibuat atlet asal Amerika Serikat (AS), Samuel Watson, pada April 2024, dengan meraih waktu 4,79 detik dalam kualifikasi babak penyisihan unggulan pada Selasa (6/8).

Meski tidak lama setelah itu, Watson kembali memecahkan rekor dunia dengan waktu 4,75 detik.

Tidak mau kalah, Veddriq untuk kedua kali hampir menyamai rekor dunia atlet asal AS dalam final Olimpiade Paris 2024, sekaligus menggondol emas pertama untuk Indonesia.
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Veddriq atlet pertama sumbangkan medali emas untuk Indonesia