Ban Ki-moon: Korea Selatan perlu "membujuk" China soal unifikasi dua Korea

id unifikasi Korea,kepentingan kawasan,menguntungkan negara tetangga,Korea

Ban Ki-moon: Korea Selatan perlu "membujuk" China soal unifikasi dua Korea

Mantan Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, menyatakan pada Selasa (2/9/2024) bahwa Korea Selatan perlu terus "membujuk" China agar memahami bahwa unifikasi dua Korea tidak hanya akan berkontribusi pada perdamaian dunia tetapi juga menguntungkan kepentingan China sendiri. ANTARA/Yonhap/PY

Seoul (ANTARA) - Mantan Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, pada Selasa (2/9) menyatakan bahwa Korea Selatan perlu terus "membujuk" China agar memahami bahwa unifikasi dua Korea tidak hanya akan berkontribusi pada perdamaian dunia tetapi juga menguntungkan kepentingan China.

Ban menyampaikan pernyataan tersebut selama Global Korea Forum (GKF), sebuah forum global yang diselenggarakan oleh kementerian unifikasi dan dirancang untuk mendapatkan dukungan internasional bagi upaya Korea Selatan menuju unifikasi damai.

"Sangat penting secara strategis untuk meyakinkan China dan Jepang bahwa unifikasi akan memberikan kontribusi signifikan bagi perdamaian dunia dan akan bermanfaat bagi mereka juga," kata Ban dalam pidato utamanya.

Mantan diplomat tersebut juga menekankan perlunya pejabat Korea Selatan untuk meyakinkan pemerintah China bahwa aliansi Korea Selatan-Amerika Serikat (AS) bukanlah ancaman dan pada akhirnya akan menguntungkan perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Forum ini sejalan dengan doktrin unifikasi baru yang diumumkan oleh Presiden Yoon Suk Yeol bulan lalu, yang berfokus pada memperluas akses warga Korea Utara terhadap informasi eksternal dan mengusulkan pembentukan saluran dialog resmi antara kedua Korea untuk membahas berbagai isu.

Pada sesi lain dalam forum itu, Ri Il-gyu, mantan penasihat urusan politik di Kedutaan Besar Korea Utara di Kuba, akan berpartisipasi dalam sesi yang membahas situasi di Korea Utara.

Ri, seorang diplomat berpengalaman dari Korea Utara yang dikenal sangat memahami Kuba, membelot ke Korea Selatan bersama keluarganya pada November tahun lalu.

Forum bertajuk "Seminasi Korea yang Bersatu untuk Kebebasan, Perdamaian, dan Kemakmuran" ini merupakan acara tahunan yang berfokus pada isu-isu keamanan dan kebijakan yang terkait dengan Semenanjung Korea.

Sumber : Yonhap-OANA
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ban Ki-moon: Korsel perlu "membujuk" China tentang unifikasi dua Korea