Gerhana matahari total, akomodasi "fully-booked"

id Gerhana matahari total, akomodasi fully-booked

Gerhana matahari total, akomodasi "fully-booked"

Asisten Deputi (Asdep) Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Putu Ngurah dalam konferensi pers di Jakarta pada Selasa. (ANTARA News/Ida Nurcahyani)

Jakarta (AntaraKL) - Menjelang terjadinya Gerhana Matahari Total (GMT), sejumlah kota yang dilintasi fenomena langka itu kehabisan akomodasi.

"Akomodasi untuk kota-kota yang dilintasi GMT setahu saya sudah penuh semua, Ternate saja sudah 4.000 orang yang confirmed datang," kata Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Putu Ngurah, dalam konferensi pers di Jakarta pada Selasa.

Putu menyebutkan, untuk mengantisipasi membludaknya wisatawan yang datang ke kota-kota yang dilintasi gerhana itu, pemerintah daerah mengoptimalkan rumah penduduk menjadi tempat penginapan semacam homestay.

"Kami juga berkoordinasi dengan PT Pelni untuk mempromosikan paket wisata engan kapal-kapal besar sebagai hotel terapung di sejumlah wilayah," kata Putu.

Gerhana matahari total akan berlangsung pada Rabu 9 Maret 2016. Kota-Kota besar yang akan dilalui antara lain Muko-Muko (Bengkulu), Palembang, Tanjung Pandan, Palangkaraya, Balikpapan, Palu dan Ternate.