Riau-Melaka sepakat buka akses transportasi dorong wisatawan

id wisata dumai,dumai melaka,wisata riau,malaysia dumai

Riau-Melaka sepakat buka akses transportasi dorong wisatawan

Gubernur Riau Syamsuar bersama Ketua Menteri Malaka Datuk Seri Utama Sulaiman saat peluncuran Festival Semarak Pelancongan Negeri Melaka 2022 di Pekanbaru. ANTARA/Vera Lusiana.

Walau tidak tertulis kerja sama ini diharapkan memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak
Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau bersepakat dengan otoritas Melaka untuk saling membuka jalur transportasi laut dan udara pascapandemi COVID-19 guna mendorong peningkatan kunjungan wisatawan kedua negara.

Gubernur Riau Syamsuar saat menghadiri peresmian Festival Semarak Pelancongan Negeri Melaka 2022 di Pekanbaru, Kamis, meminta Ketua Menteri Malaka Datuk Seri Utama Sulaiman untuk mempercepat pembangunan akses laut dari Dumai (Riau) ke Melaka (Malaysia) dari tahun 2026 menjadi 2024.

"Tadi saya sudah mintakan pembangunan Pelabuhan kapal Roro dari Melaka yang terhubung dengan Dumai tetap dilanjutkan serta dipercepat. Tadinya menteri minta 2026 selesai, kita minta tahun 2024 selesai sehingga sudah bisa dilalui kendaraan melalui Dumai dan Malaka," kata Syamsuar .

Lebih lanjut ia mengatakan, berkaitan dengan wisata, kini di semua negara sudah dibuka seiring turunnya kasus COVID-19. Harapannya bisa membawa dampak positif bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), bisnis perhotelan dan usaha lainnya.

"Walau tidak tertulis kerja sama ini diharapkan memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak, dua tahun lalu sebelum COVID-19 tingkat kunjungan wisatawan ke Melaka mencapai 7 juta orang. Andai pelabuhan Roro Dumai-Melaka dibuka kita mendapat kunjungan 2 juta saja setahun, itu sudah bagus," katanya.

Sementara itu Ketua Menteri Melaka Datuk Seri Utama Sulaiman mengatakan ini merupakan awal positif bagi kedua negara karena industri pariwisata penyumbang terbesar di Malaka tahun 2020.

"Pembukaan Fery Dumai-Melaka ini adalah permulaan yang baik, dan diharapkan penerbangan dari Melaka ke Pekanbaru juga kembali dibuka agar yang pergi berobat lebih mudah," katanya.