Tarik Wisatawan, Pemda Gelar Festival Jajan

id Tarik Wisatawan, Pemda Gelar Festival Jajan

Tarik Wisatawan, Pemda Gelar Festival Jajan

ilustrasi

Pekalongan, (AntaraKL) - Pemerintah Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah, akan terus mengembangkan potensi wisata alam yang berada di wilayah pegunungan yang dipadukan melalui festival jajan rakyat.

Pelaksana Tudas Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata Kabupaten Pekalongan, Fuadi Jaman di Pekalongan, Senin, mengatakan bahwa melalui kegiatan festival jajan rakyat ini, para pengunjung bisa datang ke lokasi festival itu sekaligus dapat berekrekeasi ke sejumlah potensi wisata yang ada.

"Dengan kegiatan festival jajan rakyat, masyarakat dapat terdongkrak perekonomiannya sekaligus untuk mempromosikan potensi wisata pada para pengunjung," katanya.

Ia mengatakan festival jajan rakyat ini digelar di area parkir wisata alam Curug Kuwung Indah yang berada di Desa Lebakbarang, Kecamatan Lebakbarang.

"Adapun jajanan rakyat tradisional ini terbuat dari bahan lokal seperti singkong, beras hitam, merah, dan ketan. Untuk menambah rasa manis masyarakat juga menggunakan gula jawa yang berasal dari olahan setempat," katanya.

Camat Lebakbarang, Yuhanto mengatakan jajanan yang dipamerkan pada festival merupakan berasal dari 11 desa yang ada di Kecamatan Lebakbarang yang dikemas seperti makanan modern tetapi tanpa menggunakan pengawet.

"Sejumlah jajanan tersebut, antara lain kue putu, brownis dari ketan, gemblong yang dibalut cokelat, lopis, dan risol ketan," katanya.

Ia menambahkan jika ada potensi wisata yang dapat dioptimalkan maka aktivitas perekonomian warga akan berjalan karena wilayah Lebakbarang relatif cukup strategis karena berbatasan dengan Kecamatan Karanganyar, Petungkriyono dan Paninggaran yang memiliki sejumlkah objek wisata alam.