Gorontalo tampilkan kain sulam Karawo di Indonesia Fashion Week

id karawo,kain sulam,IFW,pemprov Gorontalo,BI

Gorontalo tampilkan kain sulam Karawo di Indonesia Fashion Week

Seorang warga menyulam Karawo di Kabupaten Gorontalo, Gorontalo. ANTARA/Adiwinata Solihin

Gorontalo (ANTARA) - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Gorontalo akan menampilkan kain sulam khas Karawo pada pagelaran Indonesia Fashion Week (IFW) tahun 2023.

Kepala Dinas Koperasi UMUM Perindustrian dan Perdagangan (Kumperindag) Provinsi Gorontalo, Risjon Sunge di Gorontalo, Sabtu, mengatakan IFW 2023 akan digelar pada 22 - 26 Februari.

Pengecekan kesiapan untuk acara itu dilakukan melalui rapat bersama pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) termasuk Dekranasda kota dan kabupaten.

"Sesuai arahan ketua Dekranasda, saya diminta untuk mengadakan rapat persiapan kegiatan tersebut, dimana yang hadir adalah perwakilan OPD dan ketua harian Dekranasda kota dan kabupaten," ucap dia

Dari rapat itu, kata dia, Gorontalo siap berkontribusi untuk menyukseskan pelaksanaan IFW tahun 2023 dalam bentuk pameran kerajinan UMKM, video promosi dan desain kain sulam Karawo.

"Mereka sudah siap untuk memberikan kontribusi, mulai dari menyiapkan bahan pameran, kerajinan maupun promosi pariwisata Gorontalo dan hal lainnya, hingga peserta rombongan," kata Risjon Sunge.

Ia mengungkapkan, rapat akan kembali dilakukan bersama ketua Dekranasda untuk tindak lanjut kesiapan nanti.

Rapat bersama persiapan IFW 2023 itu turut dihadiri oleh pihak Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Gorontalo, Dinas Pariwisata, Dinas Kominfo dan Statistik, perancang busana hingga perajin kain sulam Karawo.

Publikasi dan promosi Karawo terus digenjot pemerintah daerah, mulai dari provinsi, kota dan kabupaten serta KPw Bank Indonesia Provinsi Gorontalo.*