Pencak silat Indonesia meraih dua emas di SEA Games 2023

id Pencak silat,sea games 2023,sea games kamboja

Pencak silat Indonesia meraih dua emas di SEA Games 2023

Pesilat Indonesia Puspa Arum Sari berpose bersama para pemenang lainnya di cabang pencak silat nomor tunggal putri usai pengalungan medali di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh, Kamboja, Minggu (7/5/2023). (ANTARA/Arnidhya Nur Zhafira)

Phnom Penh (ANTARA) - Pencak silat Indonesia meraih dua medali emas pada dua nomor artistik sekaligus pada SEA Games 2023 di Chroy Changvar Convention Center Phnom Penh, Kamboja, Minggu.

Puspa Arum Sari menyumbangkan emas pertama di cabang olahraga bela diri Indonesia tersebut melalui nomor tunggal putri artistik dengan perolehan skor 9,97 saat menghadapi lawan dari Malaysia.

Kemenangan Puspa kemudian dilanjutkan oleh rekan-rekan satu negaranya pada kategori regu putra artistik. Tim yang diisi oleh Anggi Faisal Mubarok, Asep Yuldan Sani, dan Rano Slamet Nugraha itu ikut mendapatkan emas setelah menumbangkan Thailand.

“Kita bersyukur mendapatkan dua emas di partai final tunggal putri atas nama Puspa Arum Sari, dan di regu putra atas nama Asep, Anggi dan Rano. Dan hasil ini sudah sesuai rencana kita dan kita bersyukur,” kata Kepala Pelatih Timnas Pencak Silat Indonesia Indro Catur Haryono saat dijumpai usai pemberian medali.

Sebenarnya, pasangan ganda putri Ririn Rinasih dan Riska Hermawan juga turun ke partai final di nomor ganda putri artistik hari ini. Namun, Indonesia yang diputuskan memiliki skor 9,915 atau 0,030 poin di bawah pasangan Thailand, melakukan protes dan banding sehingga upacara pemberian medali di nomor itu pun ditunda.

Indro menilai, pasangan Indonesia masih unggul dari berbagai sisi termasuk stamina dan keragaman gerak. “Kita tunggu hasilnya nanti,” ucap Indro.

Sementara itu, berdasarkan laporan sementara, pada Minggu (7/5), 19.34 WIB, Indonesia kini menduduki posisi ketiga pada klasemen sementara SEA Games 2023 Kamboja. Tim Garuda berada di bawah tuan rumah dan Thailand sejauh ini.

Skuad Merah-Putih berhasil mengumpulkan total 51 medali. Di dalamnya termasuk sebanyak 16 medali emas, 11 perak, dan 24 perunggu.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pencak silat Indonesia raih dua emas di SEA Games 2023