Pusat Wisata Malaysia pertontonkan silat untuk wisatawan

id Silat,Silat Melayu,Silat Malaysia

Silat "Ambang Kemerdekaan" (1)

"Kami akan menceritakan masing-masing perguruan karena masing-masing perguruan ada ceritanya, kami akan menceritakan sejarah masing-masing perguruan," kata Sekretaris Kehormatan Persatuan Dunia Seni Silat Melayu Malaysia, Maimoon Hussein
 
 
    Maimoon Hussein (1)
 
Kuala Lumpur, (AntaraKL) - Pusat Wisata Malaysia atau Malaysia Tourism Center (MATIC) bakal mempertontonkan seni silat secara rutin untuk memperkenalkan silat kepada dunia dan para wisatawan.

"Kami akan menceritakan masing-masing perguruan karena masing-masing perguruan ada ceritanya, kami akan menceritakan sejarah masing-masing perguruan," kata Sekretaris Kehormatan Persatuan Dunia Seni Silat Melayu Malaysia, Maimoon Hussein di Kuala Lumpur, Kamis.

Maimoon mengemukakan hal itu ketika menghadiri "Ambang Merdeka" kerja sama Dunia Seni Silat Melayu dengan Grup Nasyid Rabbani dan MATIC di Jalan Ampang Kuala Lumpur memperingati Hari Kemerdekaan Malaysia.

"Program ini kita rencanakan tiap Sabtu dan Ahad. Maknanya setiap Minggu satu jam kami akan ada di MATIC. Nanti tergantung pengurus di MATIC bagaimana mengaturnya," katanya.

Dia mengatakan setelah program "Ambang Merdeka" pihaknya akan memulainya dengan mendatangkan perguruan silat dari seluruh Malaysia bukan hanya dari Kuala Lumpur.

"Kami menyelenggarakan 'silat jamming' untuk menyambut Hari Kemerdekaan sebab kita tahu kemerdekaan ini perjuangan para pendekar-pendekar dulu. Jadi kita hidupkan lagi seni silat sebab perjuangan mereka menggunakan seni bela diri, silat adalah salah satunya," katanya. 

Pihaknya membangkitkan kembali seni silat untuk anak-anak muda supaya tidak ketinggalan zaman.

"Jadi dibawah Persatuan Seni Silat Melayu kita ada lebih kurang 300 perguruan menjadi anggota. Sekarang yang kami undang lima sampai enam perguruan persembahan dari pagi sampai malam," katanya.

Dia mengatakan tahun depan pihaknya akan menyelenggarakan silat secara besar-besaran khususnya para Srikandi. 

"Tahun ini kita selenggarakan di Tanjung Balau, tahun depan di Lembah  Klang. Fokus pada pesilat wanita karena silat berfungsi untuk mempertahankan diri, mempertahankan keluarga, mempertahankan harta benda, agama dan tanah air," katanya. 

Acara "Ambang  Kemerdekaan" diresmikan Wakil Menteri Pariwisata,  YB Muhammad Bakthiar Bin Wan Chik.

 
Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar