Kemenlu kenalkan potensi Jawa Timur kepada 20 calon kepala perwakilan RI

id kemenlu,potensi jatim,calon kepala perwakilan RI

Kemenlu kenalkan potensi Jawa Timur kepada 20 calon kepala perwakilan RI

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyerahkan cendera mata kepada calon Duta Besar RI untuk Rumania dan Moldova Meidyatama Suryodiningrat dalam kegiatan "Lintas Nusantara" digelar Kemenlu di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (23/5/2023) malam. (ANTARA/Moch Asim)

Surabaya (ANTARA) - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI mengenalkan potensi Provinsi Jawa Timur (Jatim) kepada 20 calon kepala perwakilan Republik Indonesia.

Staf Ahli Bidang Hubungan Antarlembaga Kemenlu RI Muhsin Syihab dalam keterangan tertulis di Surabaya, Rabu, menjelaskan para calon kepala perwakilan RI itu terdiri atas 13 calon duta besar (dubes) dan tujuh konsul jenderal (konjen) yang akan ditempatkan di berbagai penjuru dunia.

"Sebelumnya kami telah mengunjungi sentra-sentra industri strategis di wilayah Jatim. Dilanjutkan sampai 24 Mei 2023, yang dijadwalkan melihat secara langsung sejumlah sentra industri strategis Jatim di wilayah Kabupaten Gresik," katanya.

Salah satu kegiatan para calon kepala perwakilan RI, mengunjungi Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Selasa (23/5) malam. Kedatangan mereka disambut Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Ia mengungkapkan kegiatan ini rutin dilakukan Kemenlu kepada setiap calon kepala perwakilan RI sebagai program "Lintas Nusantara" agar ketika telah resmi menjabat di masing-masing negara yang ditempatkan dapat mencarikan pasar serta menarik investor asing ke dalam negeri.

"Jatim punya potensi besar dari jumlah penduduk dan komposisi demografinya. Selain itu penduduk berusia produktif di Jatim sangat tinggi," ujarnya.

Muhsin mengatakan pekerja migran Indonesia asal Jatim juga berkontribusi besar terhadap devisa negara.

"Skala ekspor Jatim peringkat kedua nasional. Tadi Ibu Gubernur Khofifah telah memberikan banyak sekali arahan-arahan kepada para calon kepala perwakilan RI terkait segala potensi yang bisa di-'eksplor' (eksplorasi, red.) lebih detail," ucapnya.

Pelantikan 20 calon kepala perwakilan RI tersebut menunggu waktu Presiden Joko Widodo.

Muhsin menyebut di antaranya juga masih menunggu surat persetujuan dari negara-negara sahabat.

"Harapannya pertengahan tahun ini atau paling lambat bulan Agustus mendatang sudah resmi menjabat di negara perwakilan masing-masing," katanya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyampaikan sejumlah potensi di wilayah setempat, salah satunya bidang pariwisata.

"Seperti fenomena blue fire yang hanya ada dua di dunia. Satu ada di Islandia, sedangkan satu lagi di Gunung Ijen Jawa Timur. Lalu, oksigen terbaik kedua di dunia ada di Pulau Gili Iyang, Kabupaten Sumenep, Madura," ujarnya.

Orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut, juga mengucapkan selamat kepada seluruh calon kepala perwakilan RI yang ditugaskan ke sejumlah negara.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Kemenlu kenalkan potensi Jatim kepada 20 calon kepala perwakilan RI