Lebih dari 200.000 WNI melancong ke Sarawak di semester pertama 2023

id STB,wisatawan Indonesia,Sarawak

Lebih dari 200.000 WNI melancong ke Sarawak di semester pertama 2023

Arsip - Sejumlah wisatawan berjalan-jalan di Pasar Serikin, Sarawak, Malaysia, Sabtu (30/3/2019). Pedagang Indonesia yang berasal dari sejumlah kabupaten/kota di Kalbar, Jakarta dan Bogor tersebut memasok produk buatan dalam negeri untuk dijual kembali di pasar negeri jiran tersebut setiap Sabtu pagi hingga Minggu siang. . (ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSANG)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Dewan Pariwisata Sarawak mencatat lebih dari 200.000 Warga Negara Indonesia (WNI) melancong ke negara bagian tersebut selama semester pertama 2023.

Pj Kepala Eksekutif Dewan Pariwisata Sarawak Yusfida Khalid dalam keterangan yang diterima di Kuala Lumpur, Rabu, mengatakan Sarawak mencatat pertumbuhan kunjungan yang pesat dari Indonesia, lebih dari 200.000 kedatangan dari semua titik masuk sejak Januari hingga Juni 2023.

Menurut dia, telah terjadi peningkatan jika dibanding 2022 yang mencapai 46.000 kedatangan di periode waktu yang sama.

Konektivitas langsung tiga kali seminggu dari Jakarta ke Kuching, Sarawak, dari salah satu maskapai memfasilitasi dan mempermudah perjalanan wisatawan dari Indonesia untuk datang ke Sarawak. Mereka, menurut Yusfida, kebanyakan mencari paket kesehatan, sekedar liburan dan berekreasi, mencari kerajinan tangan di sana.

Sejumlah acara ikonik seperti Sarawak International Dragon Boat Regatta yang digelar 27-30 Oktober 2023, Sarawak Regatta digelar 3-5 November 2023, hingga sambutan perayaan malam tahun baru yang biasa diadakan di Kuching menjadi pilihan bagi wisatawan Indonesia.

Duta Besar Malaysia untuk Indonesia Syed Md Hasrin Tengku Hussin mengatakan kegiatan keliling atau roadshow yang diadakan Badan Wisata Sarawak (STB) membantu memperkuat persahabatan antara dua kota ikonis, Jakarta dan Kuching.

Mereka, kata dia, tentu menyambut para wisatawan untuk menjelajahi keindahan alam Sarawak, negeri warisan budaya yang kaya dan pelayanan yang ramah.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 200.000 lebih WNI melancong ke Sarawak di semester pertama 2023