24.000 lebih wisatawan kunjungi ke Pusat Kuliner Stasiun Lambuang Bukittinggi selama libur Idul Fitri

id Pusat kuliner Bukittinggi

24.000 lebih wisatawan kunjungi ke Pusat Kuliner Stasiun Lambuang Bukittinggi selama libur Idul Fitri

Menteri BUMN Erick Tohir saat meresmikan Stasiun Lambuang. Pemkot Bukittinggi mengungkap pusat kuliner itu menjadi primadona baru wisatawan. Pedagang mengaku berinisiatif iuran sukarela sebelum retribusi diresmikan. (Antara/Altas Maulana). 

Bukittinggi (ANTARA) -
Wali Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Erman Safar menyebutkan Pusat Kuliner Stasiun Lambuang Bukittinggi, Sumatera Barat, menjadi lokasi favorit selama libur Idul Fitri 1445 Hijriah dengan jumlah pengunjung mencapai 24 ribu lebih orang.
 
"Tempat ini menjadikan Kota Bukittinggi semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah yang sebagian besarnya pemudik," kata Wali Kota Bukittinggi Erman Safar di Bukittinggi, Rabu (17/4).
 
Ia mengatakan kehadiran Stasiun Lambuang menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan.
 
Dalam satu lokasi itu, terdapat 116 gerai yang menyediakan berbagai kuliner khas Bukittinggi dan makanan ataupun minuman yang memanjakan lidah pengunjung.
 
"Stasiun Lambuang jadi primadona baru, banyak daerah lain mengaku ingin juga memiliki spot wisata kuliner seperti Stasiun Lambuang. Bukittinggi terdepan sebagai salah satu pusat pariwisata kuliner yang paling dicari," katanya.
 
Ia menyebutkan lokasi yang dulunya bekas stasiun kereta api itu berubah menjadi generator pembangkit ekonomi masyarakat.
 
Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Bukittinggi Wahyu Bestari, menambahkan Stasiun Lambuang memang jadi lokasi wisata kuliner yang paling diburu, saat libur lebaran ini. Tercatat 24.013 pengunjung dan pembeli, sejak tanggal 1 hingga 15 April 2024.
 
Ia menjelaskan pada hari Kamis, 11 April 2024 jumlah pengunjung 2.512 orang. Pada Jumat 12 April 2024 pengunjung 3.642 orang. Sabtu, 13 April 2024 pengunjung capai 5.515 orang dan Minggu 14 April 2024 pengunjung 5.977 orang.
 
"Hari terakhir libur Senin 15 April 2024 pengunjung mencapai 6.367 orang. Total ada 24.013 pengunjung selama 5 hari libur setelah Idul Fitri 1445 H," katanya.
 
Sementara itu salah seorang pedagang Ikram menyampaikan rasa syukurnya atas telah selesainya Stasiun Lambuang, yang menyedot perhatian pengunjung. Sejak awal diresmikan, Stasiun Lambuang diserbu pengunjung.
 
"Apalagi saat libur Idul Fitri kemarin. Banyak sekali pengunjung datang. Alhamdulillah. Terima kasih Pemkot Bukittinggi,” ungkapnya.
 
Untuk menjaga keamanan dan kebersihan Stasiun Lambuang, para pedagang juga berinisiatif mengumpulkan iuran sukarela.

"Sekarang kan belum diterapkan retribusi resmi. Untuk itu, kami pedagang sepakat untuk iuran Rp4 ribu per hari. Iuran ini kita manfaatkan untuk kebersihan dan kebutuhan operasional lainnya. Jika ada yang mendesak, pedagang juga sepakat, menambah jumlah iuran, tanpa ada paksaan," ujarnya.