TV Saudi sebut Hamas setuju untuk bebaskan 33 warga Israel yang disandera

id hamas,palestina,israel,sandera,gencatan senjata

TV Saudi sebut Hamas setuju untuk bebaskan 33 warga Israel yang disandera

Arsip - Orang-orang menyerukan pembebasan sandera Israel yang ditawan oleh Hamas di Yerusalem pada 7 April 2024. (Xinhua/Chen Junqing)

Moskow (ANTARA) - Kelompok perlawanan Palestina, Hamas, setuju untuk membebaskan 33 warga Israel yang mereka sandera, menurut laporan stasiun TV Arab Saudi Al Hadath pada Sabtu.

Kesepakatan itu terjadi dalam perundingan tidak langsung antara Hamas dan Israel di Kairo, Mesir, untuk mencapai gencatan senjata dan pembebasan sandera di Jalur Gaza, kata Al Hadath yang mengutip sejumlah sumber.

Di awal perundingan itu, Hamas dikabarkan telah mengatakan bahwa mereka hanya menawan 20 sandera.

Pada 7 Oktober 2023, Hamas melancarkan serangan roket ke Israel dari Gaza dan menerobos perbatasan, yang menurut Tel Aviv telah menewaskan 1.200 orang dan menyandera 240 orang lainnya.

Israel lalu membalas dengan serangan habis-habisan, memblokade penuh Gaza, dan melancarkan serangan darat di dalam wilayah kantong Palestina itu untuk "menumpas pejuang Hamas dan membebaskan sandera".

Sedikitnya 34.500 orang telah tewas di Jalur Gaza, menurut otoritas setempat.

Pada 24 November 2023, Qatar memediasi perundingan antara Israel dan Hamas untuk pertukaran tahanan dengan sandera dan gencatan senjata, yang memungkinkan bantuan kemanusiaan memasuki Gaza. Gencatan itu diperpanjang beberapa kali dan berakhir pada 1 Desember 2023.

Sumber: Sputnik


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: TV Saudi: Hamas setuju untuk bebaskan 33 warga Israel yang disandera