KRI Dewaruci bawa Laskar Rempah berlabuh di Malaka

id Jalur rempah,KRI Dewaruci,Malaka

KRI Dewaruci bawa Laskar Rempah berlabuh di Malaka

KRI Dewaruci yang membawa para Laskar Rempah berlabuh di Pelabuhan Tanjung Bruas, Malaka, Malaysia, Minggu (30/6/2024) siang, dalam rangka Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024. 

Muhibah Budaya Jalur Rempah yang terlaksana untuk ketiga kalinya oleh Direktorat Jenderal Kebudayaan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi itu mengambil jalur pelayaran bersama KRI Dewaruci yang diawaki 87 personel TNI Angkatan Laut ke arah barat perairan Indonesia hingga ke Malaysia. 

Pelayaran yang terbagi dalam tiga batch tersebut mengambil rute Jakarta, Belitung Timur, Dumai, Sabang, Malaka, Tanjung Uban, Lampung, Jakarta. Selain personel TNI AL, setiap batch diikuti 25 orang Laskar Rempah terpilih dan 25 undangan dari berbagai profesi mulai dari jurnalis, penulis, peneliti, pakar, influencer, pegiat budaya. 

Malaka menjadi salah satu titik berlabuh KRI Dewaruci dalam Muhibah Budaya Jalur Rempah kali ini, yang memiliki misi mempromosikan kekayaan budaya Indonesia, memperkuat diplomasi budaya dengan negara tetangga, dan mengampanyekan Jalur Rempah sebagai warisan budaya dunia ke UNESCO. 

Foto: ANTARA FOTO/Virna Puspa Setyorini