Pelatih Malaysia kejar lisensi Pro AFC di Indonesia

id sepak bola,pelatih AFC,pelatih Malaysia,pelatih sepak bola

Pelatih Malaysia kejar lisensi Pro AFC di Indonesia

Ilustrasi - Sepak bola

"Kursus pelatih Pro AFC yang kami laksanakan nanti adalah modul 1 dari total 7 modul yang ada dan ini bisa berlangsung hampir satu tahun lamanya," kata Direktur Teknik PSSI, Danurwindo.
Jakarta, (AntaraKL) - Sebanyak 24 pelatih sepak bola yang empat diantaranya berasal dari Malaysia dan Jepang mengejar lisensi Pro AFC di Indonesia melalui kursus resmi di Lapangan UNY Yogjakarta, 14-20 April.

Berdasarkan data yang dihimpun media di Jakarta, Rabu, empat pelatih asing yang mengejar lisensi Pro AFC di Indonesia adalah pelatih Timnas U-23 Malaysia, Ong Kim Swee, Adam bin Abdullah dan Elavaran yang semuanya berasal dari Negeri Jiran dan yang dari Jepang, Fujiwara.

Kursus pelatih Pro AFC adalah kursus level tertinggi lisensinya di tingkat Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC). Untuk Indonesia saat ini belum ada satu pun pelatih yang mengantongi sertifikat Pro AFC. Kursus ini dilakukan sebagai persiapan salah satu persyaratan dari AFC bahwa nantinya pada tahun 2020 setiap pelatih di kompetisi profesional level teratas harus memiliki lisensi Pro AFC.

"Kursus pelatih Pro AFC yang kami laksanakan nanti adalah modul 1 dari total 7 modul yang ada dan ini bisa berlangsung hampir satu tahun lamanya," kata Direktur Teknik PSSI, Danurwindo.

Menurut dia, digelarnya kursus lisensi Pro AFC merupakan sejarah bagi Indonesia dan PSSI karena ini merupakan yang pertama. Salah satu syarat untuk mengikuti kursus ini yakni harus memiliki lisensi A AFC dan empat tahun terakhir aktif menangani tim profesional. 

"Nama-nama pelatih yang ikut kursus Pro AFC juga harus mendapat rekomendasi dari PSSI dan AFC," kata pria berusia 66 tahun ini.

Kursus pelatih Pro AFC nantinya akan dipimpin oleh Bader A. SH Ahmad yang merupakan instruktur AFC dari Kuwait. Selain itu ada Danurwindo dan Ganesha Putra sebagai perwakilan dari Departemen Teknik PSSI.

"Harapannya nanti adalah lulusan pelatih lokal kita ini bisa melatih klub-klub yang ada di luar Indonesia," kata mantan pelatih tim Persela Malang.

    
Berikut daftar peserta AFC Lisensi Pro Modul 1

1.  Djajang Nurjaman (PSMS Medan)
2.  Bambang Nurdiansyah
3.  Aji Santoso (Persela Lamongan)
4.  Wolfgang Pikal
5.  Rudy Eka Priyambada (PS TIRA)
6.  Joko Susilo (Arema FC)
7.  Liestiadi (Celebest FC)
8.  Hanafing
9.  Tony Ho (Persipura)
10. Emral Abus
11. Rahmad Darmawan (Sriwijaya FC)
12. Iwan Setiawan
13. Nil Maizar
14. Indra Sjafri
15. Widodo C Putro (Bali United)
16. Yeyen Tumena (Bhayangkara FC)
17. Mundari Karya
18. Yunan Helmi (Barito Putera)
19. Adam bin Abdulah (FAM Malaysia)
20. Ong Kim Swee (FAM Malaysia)
21. Elavaran (FAM Malaysia)
22. Fujiwara (JFA Japan)
23. Syafrianto Rusli (Semen Padang FC)
24. Seto Nurdiantara (PSS Sleman).