Presiden Irak kecam penyerbuan Kedubes AS

id Presiden Irak,Barham Salih,Kedubes AS,penyerbuan

Presiden Irak kecam penyerbuan Kedubes AS

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Irak Barham Salih (kiri) di sela-sela Sidang Umum PBB di New York City, New York, Amerika Serikat, Selasa (24/9/2019). REUTERS/Jonathan Ernst/wsj/cfo

Baghdad (ANTARA) - Presiden Irak Barham Salih pada Selasa (31/12) menentang upaya menyerbu Kedutaan Besar AS di Baghdad, yang ia sebut merupakan pelanggaran terhadap perjanjian internasional yang mengikat untuk melindungi misi asing yang ditandatangani bersama pemerintah Irak.

"Upaya untuk menerobos Kedutaan Besar Amerika di Baghdad adalah salah satu pelanggaran protokol internasional dan perjanjian mengikat dengan pemerintah Irak," katanya melalui pernyataan.

"Aksi protes damai merupakan hak yang dijamin dan dilindungi dalam undang-undang namun penyerangan terhadap misi asing berlawanan dengan kepentingan dan reputasi internasional mereka."

Salih menginstruksikan pasukan keamanan Irak untuk melindungi semua misi asing dan meminta massa agar meninggalkan perimeter kedutaan besar.

Sumber: Reuters