Pelantikan Pengurus PPI UPSI 2019-2020 : bersama dalam aksi, bersatu memberi kontribusi

id PPI UPSI

Pelantikan Pengurus PPI UPSI 2019-2020 : bersama dalam aksi, bersatu memberi kontribusi

Pelantikan PPI UPSI. (1)

"Jangan sampai adanya kita sama saja dengan tidak adanya kita", tutur beliau.
Kuala Lumpur (ANTARA) - Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Universitas Pendidikan Sultan Idris (UPSI) menyelenggarakan acara pelantikan pengurus untuk periode 2019-2020. 

Acara yang diselenggarakan di Gedung E, Kampus Sultan Abdul Jalil Shah ini, dihadiri oleh ketua dan jajaran dewan pembina PPI UPSI, ketua umum dan jajaran pengurus PPI Malaysia, beberapa perwakilan PPI Cabang, serta segenap anggota PPI UPSI.

Dukungan dan harapan pada kinerja PPI UPSI 2019-2020 disampaikan oleh ketua umum PPI Malaysia, Muhammad Rajiv Syarif, yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa PPI Pusat mendukung penuh segala program PPI Cabang. 

"PPI Malaysia adalah partner kerja PPI Cabang", tuturnya. 

Oleh karena itu, menurut Rajiv, sapaan akrab Ketua Umum PPI Malaysia ini, bersinergi dan berkolaborasi dengan PPI Cabang, termasuk PPI UPSI, menjadi salah satu fokus utama PPI Malaysia. 

PPI Mengajar merupakan salah satu program kolaborasi yang bertujuan untuk memberikan akses pendidikan kepada anak-anak dari Pekerja Migran Indonesia di Malaysia.  

"Seluruh PPI Cabang diharapkan dapat menyelaraskan visi dan misi untuk kegiatan yang berdampak pada masyarakat, bukan sekedar seremonial" ujar Rajiv.

Harapan senada disampaikan oleh Dr. Makmur Haji Harun, ketua dewan Pembina PPI UPSI. 

Dia menyampaikan bahwa banyaknya penduduk Indonesia di Malaysia (2,8 juta berdasarkan data pada tahun 2018) memberi peluang yang besar bagi PPI UPSI untuk berkontribusi di bidang pendidikan. 

"Jangan sampai adanya kita sama saja dengan tidak adanya kita", tutur beliau.

Selain itu, beliau berharap PPI UPSI dapat membuat program-program yang mendukung para mahasiswa di UPSI untuk menyelesaikan studi dengan cepat serta program-program yang melibatkan mahasiswa internasional sebagai bagian dari branding PPI UPSI.

Acara pelantikan ditandai dengan pembacaan ikrar yang dipimpin oleh ketua dewan Pembina PPI UPSI, Dr. Makmur Haji Harun. 
Jajaran pengurus yang diketuai oleh Shaleh Afief A Mushawwir (Angga) dengan khidmat mengucapkan ikrar yang menjadi awal dari komitmen untuk berkontribusi mengembangkan PPI UPSI pada periode 2019-2020.

Serah terima jabatan dari pengurus PPI UPSI periode 2018-2019 dilanjutkan dengan penyampaian dukungan dan semangat oleh perwakilan ketua umum PPI UPSI 2018-2020, Lailatul Qodriyah. "Semoga selalu semangat di awal, di tengah, dan di akhir", pesannya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Angga menyampaikan tentang perlunya menjaga persaudaraan antar pengurus PPI UPSI. 
Terlebih, terdapat tiga agenda utama yang akan dilaksanakan oleh PPI UPSI pada tahun 2020 ini, yaitu International Conference, berkolaborasi dengan PPI Malaysia dalam kegiatan PPI Mengajar, dan menjadi tuan rumah Festival Olahraga Mahasiswa (FOM). 

Dalam sambutan tersebut, Angga menutup dengan sebuah pepatah Makassar "Le'ba kusoronna biseangku, kucampa'na sombalakku, tamassaile punna teai labuang, Bila perahu telah kudorong,layar telah terkembang, takkan ku berpaling kalau bukan labuhan yang kutuju."

"Pepatah tersebut mengajarkan bahwa saat seseorang mengambil keputusan untuk mencapai tujuan tertentu, maka harus fokus. 
Prinsip ini juga mendorong seseorang untuk tidak menyerah di tengah jalan, dan terus berusaha sampai berhasil", terang Angga.

Acara pelantikan ini dilanjutkan dengan rapat kerja pengurus PPI UPSI 2019-2020 yang bertujuan untuk secara rinci merumuskan program-program PPI UPSI satu tahun ke depan oleh masing-masing divisi. 

Terdapat tujuh divisi di PPI UPSI, yaitu Divisi Sosial yang diketuai oleh Salsabillah Ramadhan Khairunisa, Divisi Pendidikan yang diketuai oleh Zul Fahmi, Divisi Media dan Komunikasi yang diketuai oleh Sopan Hidayat, Divisi Pengembangan Organisasi yang diketuai oleh Musta’in. Divisi Seni dan Olahraga yang diketuai oleh Firdaus, Divisi Kewirausahaan yang diketuai oleh Juryatina, dan Divisi Keagamaan yang diketuai oleh Muhaimin.


 
Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar