Angga terpilih ketua umum PPI UPSI 2019 - 2020

id PPI UPSI

Angga terpilih ketua umum PPI UPSI 2019 - 2020

Mubes PPI UPSI (1)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) di Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI), Tanjung Malim, Perak, Malaysia menggelar acara tahunan yaitu Musyawarah Besar (Mubes). 

Tujuan utama dari acara ini adalah untuk memilih ketua umum PPI UPSI yang baru serta laporan pertanggungjawaban pengurus PPI UPSI periode sebelumnya. 

Mubes biasanya dilakukan setiap akhir kepengurusan dalam suatu organisasi. 
Pada tahun ini Mubes dilaksanakan selama dua hari berturut-turut yaitu pada tanggal 1 sampai dengan 2 Desember 2019 bertempat di Gedung E-Learning dan di gedung DKP 1 Kampus Universiti Pendidikan Sultan Idris (UPSI).

Secara garis besar Acara MUBES PPI UPSI yang dilakukan selama dua hari ini terlaksana dengan sangat baik. Meskipun selisih pendapat kerap terjadi selama sidang, persatuan tetap dijunjung tinggi. 

Selain diikuti oleh para pelajar Indonesia di UPSI juga diikuti para penasehat PPI UPSI yang merupakan dosen Indonesia yang mengajar di UPSI yaitu  Dr Rizky H. Chaniago, Dr Salman Al Farisi, Dr Herry Djahwasi, Prof Madya Dr Irfendi.

Juga diikuti  perwakilan pengurus PPI UPSI periode sebelumnya Lagian Sinuraya, Lailatul Kodriyah, Ovi Fauzia Tihamayati, Rauzatuzzikrina, Titin Sumarni, Nafisah, Salsabila dan M. Ihsan.

Mubes hari pertama dipandu oleh Juryatina selaku MC. 

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Muhaimin. 

Mubes resmi dibuka oleh Dr Makmur Haji Harun, salah satu pembina PPI UPSI sekaligus dosen dari Indonesia yang mengajar di UPSI. 

Dalam sambutannya dia mengatakan bahwa PPI UPSI ibarat sebuah bahtera dan meskipun bahtera itu tidak mewah, kita harus berbangga dan ikut menjaga keutuhannya. 

Dia juga berpesan agar tiap pelajar Indonesia ikut serta menjaga organisasi ini agar roda organisasi berjalan. 

Setelah acara resmi dibuka Mubes dimulai dengan sidang komisi dan juga sidang pleno. 

Baharudin, Muhaimin, dan Musta’in, pelajar Indonesia yang saat ini mengambil S2 di UPSI, memimpin jalannya persidangan. 

Sidang pertama dimulai dengan pembahasan Tata tertib Mubes, dilanjutkan dengan pembahasan GBHO serta AD/ART dan dilanjutkan dengan laporan pertanggungjawaban pengurus PPI UPSI periode 2018/2019.

Acara Mubes hari pertama dimulai pada pukul 10.30 selesai pada pukul 19.30 dan akan dilanjutkan di hari kedua dengan agenda pemilihan ketua umum periode selanjutnya. 

Ketua panitia Mubes, Lailatul Kodriyah, dalam laporannya mengatakan bahwa Mubes PPI UPSI kali ini merupakan Mubes terlama karena dilaksanakan selama dua hari dengan harapan memberikan hasil yang maksimal dan semoga PPI UPSI kedepannya akan lebih baik lagi. 

Laila menjelaskan acara ini juga mendapatkan dukungan dari IMC (International Mobility Centre) UPSI serta KBRI Kuala Lumpur.
 
Sidang hari kedua dimulai pukul 10.30 dan dipandu oleh Rauzatuzzikrina selaku MC dilanjutkan dengan penjelasan mekanisme pemilihan ketua umum. 
Ada dua pelajar Indonesia yang mendaftarkan diri sebagai calon ketua umum PPI UPSI periode 2019/2020 yaitu Bachrizal Bakhtiar yang sedang mengambil master of educational evaluation dan Shaleh Afief A Mushawwir (Angga), mahasiswa master of sport psychologi. 

Kedua kandidat sama-sama memiliki visi misi yang kuat serta memiliki banyak pengalaman dalam organisasi. 

Pemilihan ketua umum dimulai dengan penyampaian visi misi masing-masing kandidat dan dilanjutkan dengan tanya jawab dengan seluruh peserta Mubes. 

Setelah penyampaian visi misi pemilihan ketua dilakukan dengan cara pemungutan suara seluruh peserta. 

Berdasarkan hasil pemungutan suara, kandidat no 2 yaitu Shaleh Afief A Mushawwir (Angga) terpilih menjadi ketua umum PPI UPSI 2019 - 2020 dengan perolehan suara sebesar 36 suara unggul 7 suara dari Bachrizal Bakhtiar yang memperolah 29 suara.
 
Dr Salman Al Farisi dalam sambutannya mengatakan acara ini merupakan wujud kedewasaan dan persatuan yang sesungguhnya meskipun mayoritas pemilih berasal dari Nusa Tenggara Barat (NTB), kandidat yang terpilih bukan berasal dari NTB. 

Dia juga berharap pengurus PPI kedepan bisa melaksanakan program kerja lebih baik lagi.

Sebelum acara berakhir ketua PPI UPSI periode 2018 - 2019, Lagian Sinuraya, menyampaikan terimakasih kepada jajaran pengurus sebelumnya atas kerja keras yang telah dilakukan bersama-sama serta kepada para penasehat PPI UPSI atas bantuan yang diberikan selama ini. 

Serah terima jabatan diawali dengan penyerahan sisa uang kas oleh bendahara periode sebelumnya Ovi Fauzia Tihamayati secara simbolik pada ketua terpilih.
Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar