Justin Bieber umumkan terkena sindrom Ramsay Hunt

id Justin Bieber,Sindrom Ramsay Hunt

Justin Bieber umumkan terkena sindrom Ramsay Hunt

Penyanyi Justin Bieber (ANTARA/Instagram @justinbieber)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah konser terancam batal setelah penyanyi pop Justin Bieber mengumumkan dirinya terkena sindrom Ramsay Hunt yang menyebabkan sebagian wajahnya lumpuh. 

Seperti dikutip Reuters pada Sabtu, Justin dalam sebuah video yang diunggah di Instagramnya mengatakan telah didiagnosis dengan virus yang membuat separuh wajahnya lumpuh. Sindrom Ramsay Hunt telah memengaruhi saraf di telinga dan wajahnya. 

Kini ia dikabarkan sedang fokus memulihkan diri dari penyakitnya tersebut dan terpaksa membatalkan beberapa pertunjukan. Dirinya menjelaskan jika saat ini sedang melakukan latihan wajah dan diharapkan segera pulih. 

"Saya tidak bisa tersenyum di sisi wajah saya ini. Lubang hidung ini tidak akan bergerak. Jadi ada kelumpuhan total di sisi wajah saya ini," kata Justin.

Meski demikian penyanyi yang pernah menyabet dua kemengangan di Grammy itu merasa optimistis semua akan kembali normal. "Ini hanya soal waktu, dan kita tidak tahu berapa lama lagi".

Sindrom Ramsay Hunt (herpes zoster oticus), mengutip dari situs Mayo Clinic, terjadi ketika wabah herpes zoster memengaruhi saraf wajah di dekat salah satu telinga. Selain ruam herpes zoster yang menyakitkan, sindrom itu dapat menyebabkan kelumpuhan wajah dan gangguan pendengaran di telinga yang terkena.

Sindrom Ramsay Hunt disebabkan oleh virus yang sama yang menyebabkan cacar air. Setelah cacar air sembuh, virus masih hidup di saraf dan bertahun-tahun kemudian itu dapat aktif kembali.

Ketika itu terjadi, itu dapat memengaruhi saraf wajah. Dan pengobatan yang segera dilakukan dapat mengurangi risiko komplikasi yang mencakup kelemahan otot wajah permanen dan ketulian pada mereka yang terkena sindrom Ramsay Hunt.  


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Separuh wajah lumpuh, Justin Bieber umumkan idap sindrom "Ramsay Hunt"