Prancis di puncak klasemen Grup B Piala Eropa, Belanda urutan tiga

id Republik Irlandia,Prancis,Euro 2024,Kualifikasi Piala Eropa

Prancis di puncak klasemen Grup B Piala Eropa, Belanda urutan tiga

Selebrasi Benjamin Pavard setelah mencetak gol kemenangan timnas Prancis dalam pertandingan Grup B Kulaifikasi Piala Eropa 2024 lawan Republik Irlandia di Dublin, pada 28 Maret 2023. ANTARA/AFP/FRANCK FIFE

Jakarta (ANTARA) - Prancis tetap berada di puncak klasemen sementara Grub B Kualifikasi Piala Eropa setelah mengalahkan Republik Irlandia 1-0 sedangkan Belanda ada diurutan tiga setelah menang 3-0 dari Gibraltar pada Selasa dini hari.

Gol tunggal Benjamin Pavard di babak kedua dalam laga melawan Republik Irlandia di Stadion Aviva, Dublin, Selasa dini hari WIB, membuat Prancis tetap berada di puncak klasemen Grub B Kualifikasi Piala Eropa 2024.

Tim Prancis meraih 6 poin dalam 2 pertandingan, sementara Republik Irlandia berada di peringkat empat, menurut catatan laman resmi UEFA.

Dalam laga tersebut Prancis membuka perlawanan dengan mengambil inisiatif serangan. Peluang pertama tercipta pada menit ke-10 lewat tembakan Olivier Giroud usai mendapat bola rebound Randal Kolo Muani, namun bola masih dapat diblok John Egan.

Peluang lain didapat Giroud kembali pada menit ke-23 hasil dari sepak pojok Antoine Griezmann, tetapi masih bisa diamankan kiper Republik Irlandia, Gavin Bazunu.

Les Bleus akhirnya bisa memecah kebuntuan selepas jeda atau pada menit ke-50. Benjamin Pavard melepas tembakan keras dari luar kotak penalti yang sempat membentur mistar sebelum menjebol gawang tim tuan rumah dan membuat Prancis unggul 1-0.

Republik Irlandia tampil menyerang di sisa pertandingan dan mengancam gawang Prancis pada menit ke-84 lewat percobaan James McClean, tetapi masih bisa diselamatkan Mike Maignan.

Tim tuan rumah semakin bernafsu untuk menyamakan kedudukan, tetapi mereka masih kesulitan untuk menciptakan peluang berbahaya.

Maignan membuat penyelamatan penting untuk Prancis di menit akhir laga. Dia bisa menepis tandukan Nathan Collins yang menyambut sepak pojok.