Mahasiswa FKM Unhas ikuti Konferensi PBB di Malaysia

id Mahasiswa Unhas,Unhas

Mahasiswa FKM Unhas ikuti Konferensi PBB di Malaysia

Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) Nurul Magfirah dan Patrecia Batti berkesempatan untuk mengikuti Konferensi Global Goals Model United Nation (PBB) yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada 11 sampai 14 Januari 2019. (Foto ANTARA / Dok)

"Harapan kami semoga ke depan semakin banyak pemuda Indonesia yang mengikuti kegiatan seperti ini yang memberikan banyak hal positif," katanya.
Kuala Lumpur, (ANTARA News) - Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) Nurul Magfirah dan Patrecia Batti berkesempatan untuk mengikuti Konferensi Global Goals Model United Nation (PBB) yang berlangsung di Kuala Lumpur, Malaysia pada 11 sampai 14 Januari 2019.

Kegiatan ini dihadiri 471 peserta dari berbagai universitas dan negara seperti Filipina, Mexico, India dan beberapa negara lainnya termasuk Indonesia.

"Secara umum tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan kesadaran dan dukungan pemuda terhadap pembangunan berkelanjutan melalui berbagai diskusi terkait isu global saat ini," ujar Nurul Magfirah di Makasar, Sabtu.

Oleh karena itu, ujar dia kegiatan ini sebagai platform bagi pemuda di seluruh dunia untuk meningkatkan kemampuan analisis, kepemimpinan (leadership), kemampuan berdiplomasi dan berpidato (public speaking).

Menurutnya, kegiatan ini merupakan simulasi konferensi PBB dalam membahas Sustainable Development Goals (SDGs) atau tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Jadi kami dialokasikan ke dalam beberapa Goals SDGs dan negara yang akan kami wakili," ujarnya.

Di konferensi, tambahnya pihaknya akan membahas sebuah topik sesuai dengan alokasi tujuanya dan tiap perwakilan negara diberi kesempatan untuk berbicara terkait topik yang dibahas misalnya memberikan tanggapan, saran dan solusi.

"Kebetulan saya mendapat alokasi di `goal` enam yang berkaitan dengan `clean water and sanitation` dengan alokasi negara saya Australia. Jadi di konferensi ini saya berperan sebagai diplomat dari negara itu," jelasnya.

Pihaknya sangat terkesan mengikuti kegiatan ini dan bangga bisa menjadi salah satu delegasi Indonesia khususnya dari FKM Unhas karena melalui kegiatan ini bisa bertemu delegasi dari berbagai negara dan memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan "public speaking".

Melalui kegiatan ini pula, ujar dia pihaknya belajar tentang isu dunia dan solusi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dari SDGs.

"Harapan kami semoga ke depan semakin banyak pemuda Indonesia yang mengikuti kegiatan seperti ini yang memberikan banyak hal positif," katanya.

Melalui langkah kecil seperti ini, sebutnya pihaknya berharap pemuda Indonesia bisa memberikan banyak kontribusi dalam mengatasi isu dunia terkait SDGs di masa depan.

Patrecia Batti yang juga hadir bersama dengan Nurul Magfirah berharap bahwa forum seperti ini ke depan juga bisa dilakukan di Indonesia sehingga semua generasi muda menyadari bahwa kita adalah orang-orang yang bisa mewujudkan SDGs dan juga akan merasakan manfaat SDGs ini di masa depan.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, SKM, M.Kes., MSc.PH, PhD yang dihubungi secara terpisah bahwa tentu saja pihak fakulutas sangat mengapresiasi kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa apalagi di forum internasional.

Prestasi yang dicatat oleh mahasiswa FKM adalah sebagian dari sederetan prestasi mahasiswa yang ada saat ini.

"Sebagai tambahan bahwa sekitar April 2018, akan ada lagi mahasiswa FKM Unhas yang mengikuti konferens di Turki dan kami juga sedang mempersiapkan mahasiswa FKM Unhas untuk mengikuti Sakura Science kerjasama FKM Unhas dengan Ehime University, Jepang," ungkapnya.