Presiden sempatkan menyapa dan swafoto bersama jamaah salat Ied Istiqlal

id Idulfitri,masjid istiqlal,presiden jokowi,joko widodo,presiden ri,open house Istana,gelar griya

Presiden sempatkan menyapa dan swafoto bersama jamaah salat Ied Istiqlal

Presiden Joko Widodo (kiri) membalas sapaan jamaah shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (10/4/2024). ANTARA/Genta T Mawangi

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo menyapa jamaah shalat Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu, dan melayani beberapa permintaan swafoto mereka sebelum dia bersama Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, meninggalkan masjid menuju Istana Negara.

Shalat Idul Fitri di mesjid terbesar di Asia Tenggara kali ini juga menjadi shalat Idul Fitri ke-10 bagi Jokowi selama dia memegang tampuk pemerintahan Indonesia. 

Jokowi, sebelum naik ke mobil kepresidenan berpelat kendaraan RI 1, berdiri selama kurang lebih tiga menit dan membalas sapaan jamaah yang berseru: “Bapak Presiden!” “Pak Jokowi” dari atas beranda bangunan masjid yang tepat menghadap ke pintu keluar VVIP.

Usai menyapa warga yang shalat Idul Fitri di Istiqlal, dia naik ke mobilnya bersama Iriana. Ada pula putra bungsunya, Kaesang Pangarep beserta Erina Gudono, ikut mengantarkan Jokowi naik ke mobilnya.

Di pelataran pintu keluar VVIP Istiqlal, beberapa pejabat negara ikut mengantarkan Jokowi, di antaranya Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Hadi Tjahjanto, Kepala Sekretariat Presiden, Heru B Hartono, Panglima TNI, Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kepala Staf TNI AL, Laksamana TNI Muhammad Ali, kemudian ada juga Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar.

Namun, Jokowi tak langsung melaju. Dari dalam kendaraan, yang sempat berhenti, dia juga melayani permintaan swafoto beberapa jamaah. Satu per satu dari mereka mendekat dan mengabadikan momen berfoto bersama dia. Usai melayani beberapa permintaan foto dia meninggalkan Masjid Istiqlal.

Tak lama setelah presiden meninggalkan lokasi, Wakil Presiden, Ma’ruf Amin, beserta istrinya, Wury Estu Handayani, juga meninggalkan lokasi.

Selepas itu, satu per satu pejabat negara yang mengantarkan Jokowi dan Amin di pintu VVIP Istiqlal juga meninggalkan lokasi.

Di Masjid Istiqlal, menteri dan wakil menteri lainnya juga shalat Idul Fitri bersama Jokowi, di antaranya Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah, Menteri Investasi, Bahlil Lahadalia, Wakil Menteri Pertahanan, Letjen TNI (Purn) M Herindra, Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni, kemudian ada juga Kepala Staf TNI AU,) Marsekal TNI Mohamad Tonny Harjono.

Jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju itu berikut panglima TNI dan kepala staf TNI dijadwalkan menghadiri gelar griya open house di Istana Negara mulai pukul 09.00 WIB.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Presiden sempatkan sapa dan swafoto bersama jamaah salat Ied Istiqlal