Khatib shalat Idul Fitri ajak WNI di Penang perkuat rasa solidaritas

id sholat id, KJRI Penang

Khatib shalat Idul Fitri ajak WNI di Penang perkuat rasa solidaritas

Konsul Jenderal Republik Indonesia di Penang Bambang Suharto (ketiga tini) berdoa bersama setelah menunaikan shalat Idul Fitri, (ANTARA/HO-KJRI)

Kuala Lumpur (ANTARA) - Khatib dalam shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Penang mengajak warga negara Indonesia di sana dapat memperkuat rasa solidaritas dan persatuan.

Profesor Hadi Musallin, warga Indonesia yang menjadi dosen pengajar di Universitas Islam Internasional Sultan Abdul Halim Mu’adzam Shah (UniSHAMS) di Kedah, Malaysia, dalam khotbah hari rayanya di Penang, Sabtu, mengatakan hikmah Ramadhan sekiranya dapat memperkuat rasa solidaritas dan persatuan di kalangan seluruh warga negara Indonesia (WNI) yang sedang bekerja maupun sekolah di sana.

Harapan itu sesuai dengan tema khotbah hari raya di KJRI Penang kali ini, yang juga dihadiri sekitar 400 WNI itu yakni “Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh”.

Selain itu, khatib juga meminta warga Indonesia untuk menyambut Idul Fitri dengan penuh kegembiraan dan rasa syukur, dan menjadikan Idul Fitri sebagai momen untuk mengeratkan silaturahmi.

Ia mengatakan rasa persaudaraan merupakan kunci dalam mengukuhkan persatuan dan kemudian persatuan menghasilkan kekuatan, keamanan dan kesejahteraan Bangsa dan Negara.

Konsul Jenderal RI di Penang Bambang Suharto mengatakan kegiatan shalat Idul Fitri itu dilaksanakan antara lain untuk memenuhi masukan dari berbagai kalangan WNI di wilayah kerja KJRI Penang yang menginginkan dilaksanakannya kegiatan tersebut.

Kegiatan itu menjadi wadah silaturahmi WNI setelah tidak terlaksana sejak 2020 sampai dengan 2022, karena pembatasan terkait merebaknya pandemi COVID-19.

Selain itu, ia mengatakan bahwa kegiatan itu merupakan bagian dari misi KJRI Penang dalam melakukan pembinaan warga masyarakat Indonesia di wilayah kerja. Kegiatan teraebut juga dilaksanakan secara sederhana dan tidak berlebihan.

Selain melakukan silaturahmi dan halal bihalal dengan staf KJRI, Konjen Bambang juga sempat berdialog secara hangat, terbuka, dan penuh kekeluargaan dengan warga masyarakat.

Rangkaian kegiatan berjalan meriah dan lancar, termasuk ditandai dengan kehadiran sejumlah anggota Kepolisian Malaysia (PDRM) untuk menjaga ketertiban. Kehadiran mereka juga menunjukkan kerja sama baik antara KJRI Penang dengan otoritas setempat, ujar dia.
 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Khatib ajak WNI di Penang perkuat rasa solidaritas