Sepak Bola - Mourinho Didenda Karena Sindir Wasit

id Sepak Bola - Mourinho Didenda Karena Sindir Wasit

Sepak Bola - Mourinho Didenda Karena Sindir Wasit

London, (AntaraKL) - Pelatih Chelsea Jose Mourinho dijatuhi hukuman denda sebesar 10.000 pound (17.000 dolar) setelah mengeluarkan kata-kata menyindir wasit yang memimpin laga serta ketua asosiasi wasit Inggris, saat timnya kalah dalam laga Liga Utama Inggris bulan lalu, demikian diumumkan FA Inggris, Kamis (8/5).

Tim London itu kalah 1-2 di kandang atas Sunderland, yang mengakhiri 77 pertandingan belum terkalahkan Mourinho sehingga menorehkan rekor di Stamford Bridge dan mengancam perburuan gelar mereka - yang minggu ini berada di genggaman Manchester City.

"Saya mengucapkan selamat lagi kepada (wasit) Mike Dean. Saya kira penampilannya luar biasa, tidak dapat dipercaya," kata Mourinho seperti dikutip Reuters, setelah terjadi tendangan penalti kontroversial yang menguntungkan Sunderland, yang juga menyebabkan asistennya, Rui Faria, dikeluarkan dari tepi lapangan karena ikut berceloteh.

"Dan...terima kasih juga kepada Mike Riley, bosnya pada wasit. Apa yang mereka lakukan sepanjang musim ini amat fantastik, khususnya dalam beberapa bulan terakhir, khususnya kepada tim yang terlibat dalam perburuan gelar. Luar biasa fantastik," katanya Mourindho.

Mourinho sebelumnya menampik tuduhan itu, tetapi FA mengatakan, komisi independen menyatakan komentarnya itu menyiratkan ia tidak menghormati pertandingan dan tidak selayaknya mengeluarkan komentar seperti itu.

Faria dijatuhi hukuman enam pertandingan tidak boleh ke stadion serta denda 30.000 pound, setelah mengakui kekeliruannya.

Dalam kasus lain menyangkut kekalahan Chelsea dalam perburuan gelar juara, Mourinho kalah dalam naik banding atas hukuman 8.000 pound berkaitan dengan reaksinya ketika Chelsea kalah 0-1 atas Aston Villa, Maret lalu.

Pelatih asal Portugal itu masuk ke dalam lapangan dan mendatangi wasit pada akhir laga. Panel FA Kamis menyatakan tidak menerima bandingnya. (sh)