Jendral Gatot Nurmantyo lawatan ke Malaysia

id Gatot Nurmantyo

Jendral TNI Gatot Nurmantyo dan Jendral Tan Sri Raja Mohamed Affandi (Foto ANTARA / Agus Setiawan) (1)

"Ini sudah kita rintis dengan Tan Sri. Yunior panngkat letnan sudah kita rintis. Kita negara satu rumpun, budayanya sama, mayoritas beragama Islam. Kita harus bisa mewujudkan kesatuan dan membuat suasana menjadi damai sehingga bisa bangun ekonomi ber
Kuala Lumpur, (AntaraKL) - Mantan Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo mengadakan lawatan ke Markas Angkatan Tentara Malaysia di Kuala Lumpur, Kamis, sehubungan bakal menjalani purna tugas pada April 2018 setelah menjabat mulai 8 Juli 2015.

Gatot tiba di markas Wisma Pertahanan Jalan Padang Tembak pada jam 09.00 waktu setempat kemudian langsung diterima Panglima Angkatan Tentara Malaysia, Jendral Tan Sri Raja Mohamed Affandi dilanjutkan melakukan inspeksi barisan kehormatan (Guard of Honor).

Kemudian melakukan pertemuan atau courtessy call dengan Panglima Angkatan Tentara Malaysia beserta jajarannya.

Pada kesempatan tersebut Gatot didampingi Atase Pertahanan KBRI Kuala Lumpur Kol. Iwan Bambang, Atase Laut, Kol. Rolly S. Rore dan Atase Udara Kol. Sri Duto.

Malam harinya Gatot Nurmantyo dijamu dengan Majelis Makan Malam Perpisahan dengan Jendral Tan Sri Raja Mohamed Affandi dan turut dihadiri Kepala Staf Markas Angkatan Tentara Malaysia dan perwira senior.

Panglima Angkatan Tentara Malaysia, Jendral Tan Sri Raja Mohamed Affandi saat diwawancarai mengatakan Panglima TNI akan berganti dan kunjungan ke Kuala Lumpur ini sebagai teman akrab.

"Ini dalam rangka lawatan tersebut. Kita lihat hubungan saya dan Pak Gatot keakrabannya lain dari yang lain. Kita mengharapkan keakraban ini terus berlanjut untuk menyejahterakan kedua negara dan Asia Tenggara," katanya.

Dia mengatakan sebagai rekan dirinya melihat peristiwa ini bukan sebagai perpisahan tetapi sebagai perjalanan baru untuk kita tempuh dan dirinya yakin akan terus berhubungan dengan Pak Gatot untuk mendapatkan hikmah nasehat dan sebagainya.

"Saya yakin Pak Gatot akan berikan. Hari ini kita perlihatkan keakraban Malaysia dan Indonesia," katanya.

Jendral TNI Gatot Nurmantyo mengatakan dirinya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Tan Sri Raja Mohamed Affandi walaupun dirinya sudah bukan pamglima TNI lagi tetapi saya diperlakukan layaknya panglima TNI.

"Ada penghormatan. Tadi malam diacarakan. Ini sebuah penghormatan luar biasa. Saya melawat ke sini karena sejak saya di sini belum sempat berpamitan dengan Tan Sri dan kata beliau benar. Malaysia dan Indonesia bertetangga bukan karena kehendak manusia tetapi karena karunia Allah SWT maka persahabatan ini harus diijaga bersama-sama," katanya.

Dia mengatakan dirinya sebagai militer tugasnya adalah bagaimana mengakrabkan tentaranya mulai panglimanya kepala staf sampai ke bawah.

"Ini sudah kita rintis dengan Tan Sri. Yunior panngkat letnan sudah kita rintis. Kita negara satu rumpun, budayanya sama, mayoritas beragama Islam. Kita harus bisa mewujudkan kesatuan dan membuat suasana menjadi damai sehingga bisa bangun ekonomi bersama. Penganti saya agar diberlakukan sama bahkan lebih baik lagi," katanya.
Pewarta :
Editor: Agus Setiawan
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar