Muhammadiyah menyiapkan aplikasi untuk membantu peserta muktamar

id Muktamar Muhammadiyah,super apps

Muhammadiyah menyiapkan aplikasi untuk membantu peserta muktamar

Ilustrasi-- Aplikasi super dikembangkan untuk mendukung pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan Aisyiyah. (ANTARA/HO-Muhammadiyah)

Pembukaan (muktamar) tidak semua orang bisa masuk stadion, nanti pakai Super Apps jadi bisa melihat (pembukaan) di situ secara langsung
Jakarta (ANTARA) - Panitia Penerima Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah sedang menyiapkan aplikasi super untuk membantu para peserta dan penggembira mengakses informasi mengenai pelaksanaan Muktamar ke-48 Muhammadiyah.

"Pertama bagi peserta, jadwal ada di situ, pengingat registrasi. Bagi penggembira ada peta-peta kuliner, wisata, lengkap dengan diskon dan lain-lain," kata Wakil Sekretaris Panitia Pusat Muktamar Muhammadiyah Iwan Setiawan dalam keterangan tertulis organisasi yang diterima di Jakarta, Senin.

Iwan mengatakan, aplikasi super atau Super Apps tersebut dikembangkan oleh tim teknologi informasi dari Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

Tim pengembang, menurut dia, saat ini sedang mengidentifikasi kebutuhan sistem dan konten untuk aplikasi super Muktamar Muhammadyah dan Aisyiyah.

Ia mengatakan, aplikasi itu ditargetkan selesai akhir Oktober 2022 sehingga bisa digunakan oleh peserta serta penggembira dalam muktamar yang dijadwalkan berlangsung pertengahan November 2022.

Muktamar ke-48 Muhammadiyah dijadwalkan berlangsung 18 sampai 20 November 2022 di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah.

Para peserta Muktamar Muhammadiyah dan Aisyiyah akan diminta memasang aplikasi super setelah melakukan registrasi ulang. 

"Pembukaan (muktamar) tidak semua orang bisa masuk stadion, nanti pakai Super Apps jadi bisa melihat (pembukaan) di situ secara langsung," kata Iwan.

Selain memuat informasi tentang pelaksanaan muktamar serta wisata, aplikasi super Muktamar Muhammadiyah juga akan menampilkan berita dan foto-foto pilihan yang bisa diakses gratis. 

Iwan mengatakan bahwa Pemerintah Kota Solo mendukung pengembangan aplikasi tersebut sehingga konten dan informasi dalam aplikasi bisa diperkaya.